34.862 Siswa di Kota Bandung Mengikuti UNBK

34.862 Siswa di Kota Bandung Mengikuti UNBK
Foto: Yulius Satria Wijaya/Antara

INILAH, Bandung - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Bandung diikuti oleh 34.862 siswa. Penyelenggaraannya 100 persen sudah berbasis komputer, siswa tersebut tersebar di 249 sekolah negeri dan swasta.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan SMP Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hadiana Soeriaatmadja mengatakan, bahwa pelaksanaan UNBK di hari pertama berjalan lancar.

“Alhamdulillah di Kota Bandung UNBK nya sudah 100 persen. Hari pertama yang mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, secara umum berjalan lancar. Malah tahun ini penyelenggaraannya lebih lancar dari tahun lalu,” kata Hadiana.

Dari data yang diterima, ada 215 SMP yang menyelenggarakan UNBK secara mandiri dan 34 bergabung di sekolah lain. Sedangkan untuk jenjang MTs ada 40 sekolah menggelar secara mandiri dan 2 sekolah bergabung dengan jumlah peserta sebanyak 3899 siswa.

Sementara itu peserta dari siswa berkebutuhan khusus ada 34 siswa, dengan catatan 6 siswa mengikuti ujian nasional kertas pensil dan 28 siswa tidak ujian.

Masih merujuk pada data, tercatat UNBK SMP di Kota Bandung tahun 2019 ini, menggunakan komputer/laptop sebanyak 16.2015 unit serta server sejumlah 516 unit.

“UNBK tahun ini saya berharap bisa membuka hati orangtua siswa bahwa benar-benar nilai integritas yang tinggi itu ada di evaluasi UNBK. Kita tidak ragu lagi bahwa teknologi mengantarkan anak bangsa ini kepada anak bangsa yang jujur dan konsisten pada kepercayaan diri. Tidak ada lagi nilai yang tentunya hasil contekan, diberitahu dan bisikan orang,” katanya.

Pelaksanaan UNBK 2019 untuk jenjang SMP/MTs (siswa kelas IX) se-Indonesia dilaksanakan dari hari Senin-Kamis, 22-25 April 2019. Di Indonesia pelaksanaannya sendiri selain menggunakan komputer juga masih ada yang memakai kertas pensil.

Pada UN ini ada empat mata pelajaran yang diujikannya, yaitu Bahasa Indonesia, matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Setiap harinya mengujikan satu mata pelajaran. (Okky Adiana).