Air Mancur Menari Purwakarta Butuh Perhatian

Air Mancur Menari Purwakarta Butuh Perhatian
Air Mancur menari di Taman Sri Baduga, Purwakarta. (Net)

INILAH, Purwakarta - Pengelola air mancur di Taman Sri Baduga (Situ Buleud) Kabupaten Purwakarta, sedang ketar-ketir. 

Pasalnya, sejumlah komponen elektrika untuk pengoperasian air mancur menari di lokasi itu mengalami kerusakan. 

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar membenarkan terkait hal tersebut. 

Menurutnya, kerusakan salah satu pendukung penting air mancur ini sudah butuh penanganan serius. Mengingat, kerusakan ini sudah berlangsung cukup lama.

"Sejauh ini sih memang masih bisa dioperasikan. Tapi tidak maksimal," ujar Heri saat dihubungi INILAH, Rabu (24/4/2019).

Heri menjelaskan, dari hasil pemeriksaan timnya, kerusakan komponen ini terjadi di zona 1 elektrikal yang memakai kabel fiber optik. Serta, zona 4 yang meliputi mesin pompa air. 

"Kompenen tersebut fungsinya untuk menggerakan tirai air. Namun, karena saat ini tidak berfungsi normal, jadi tirainya tak bisa menari," jelas dia. 

Selain itu, sambung dia, kerusakan juga terjadi di pipa saluran air karena faktor korosi. Menurut dia, jika seluruh kerusakan ini dibiarkan, khawatir malah tambah parah. Karena, dipastikan pipa tersebut tak akan kuat menahan tekanan air. "Intinya sudah harus ada perawatan," tegas dia. 

Dia menambahkan, informasinya kerusakan ini akan segera ditanggulangi pemerintah dalam waktu dekat ini. Karena, secara teknis pemeliharaan Taman Sribaduga dilakukan oleh lintas instansi. 

"Kabarnya akan segera diperbaiki. Karena, leading sektornya ada di Dinas Tata Ruang dan Pemukiman. Kalau dalam hal ini, kami hanya sekalu operatornya saja," pungkasnya. (Asep Mulyana)