Caleg Meninggal Masih Ada di Surat Suara

Caleg Meninggal Masih Ada di Surat Suara
Ilustrasi/Net

INILAH, Surabaya- Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur, segera menginvestigasi munculnya nama almarhum calon legislatif Partai Hanura dalam surat suara pemilu 2019.

"Kemarin pemantau menyampaikan kepada kami bahwa sudah ada pergantian (nama caleg) dalam Daftar Calon Tetap (DCT) dan sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember. Tapi saat pemungutan suara masih muncul nama caleg yang sudah meninggal. Ini kejadian baru di Kabupaten Jember, sehingga perlu berkoordinasi dengan KPU," kata Ali Rahmat Yanuardi, Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jember, Kamis (25/4/2019).

Almarhum caleg yang dimaksudkan Sapto adalah Sugeng Hariyadi, calon legislator DPRD Jember nomor urut 5 di Daerah Pemilihan II dari Partai Hanura. Dia seharusnya sudah digantikan Ariandri Shifa Laksono.

Yanuardi belum berani memutuskan siapa yang harus bertanggung jawab dalam kejadian ini. "Kami lakukan investigasi lebih dulu, berkoordinasi dengan KPU, menanyakan dokumen, termasuk surat pengajuan pergantian yang bersangkutan dan surat kematian. Kenapa yang muncul caleg yang meninggal? Kesalahan prosedur di mana: apakah di KPU Jember, KPU RI, atau percetakan," katanya.

"Terkait sah tidaknya suara yang masuk, kami masih harus berkoordinasi dengan pimpinan kami di Bawaslu Provinsi dan Bawaslu RI. Yang jelas karena ini dugaan pelanggaran, kami menyelesaikan tahapan-tahapannya. Soal sanksi, kami masih harus kaji dulu bersama komisioner Bawaslu yang lain," kata Yanuardi. (beritajatim)

Loading...