Liverpool vs Huddersfield, Win or Die!

INILAH, Merseyside- Tak ada pilihan lagi bagi Liverpool selain menyapu bersih tiga sisa laga di pentas Liga Primer Inggris. Itu pun, masih harus bergantung pada hasil yang diraih Manchester City.

Ya, Liverpool dalam situasi kurang menguntungkan di jalur perburuan gelar juara musim ini. Mereka tertinggal satu poin dari Man City yang baru saja menaklukkan Manchester United 2-0 di Old Trafford. 

Liverpool kini tertinggal satu poin dari rivalnya itu. Kompetisi sendiri, tinggal menyisakan tiga pertandingan. Skuat besutan Jurgen Klopp wajib memenangi semuanya, sembari berharap Man City tergelincir.

"Saya hanya ingin fokus untuk menyelsaikan kompetisi ini dengan kemenangan, ya semua laga harus dimenangi. Saya tak peduli hasil mereka (Man City)," ujar Klopp dilansir situs resmi klub.

Misi sapu bersih Liverpool dimulai saat menjamu Huddersfield Town di Anfield, Sabtu (27/4) dini hari WIB. Saking pentingnya laga ini, Klopp meminta para pemainnya mengabaikan terlebih dahulu laga melawan Barcelona di semifinal Liga Champions.

Berbeda dengan Man City, Liverpool memang masih berpeluang merengkuh trofi paling bergengsi di Eropa itu. Sayangnya, mereka harus meladeni kandidat terkuat juara, Barcelona.

“Beberapa orang di Liverpool mungkin bertanya kepada kami apakah kami berpikir tentang Barcelona atau hal-hal terkait pertandingan itu. Untuk saat ini, kami hanya akan benar-benar fokus pada Huddersfield,” ujar Klopp.

Melawan Huddersfield, Sadio Mane dan kawan-kawan bisa memanfaatkan situasi mental lawan yang sudah tak lagi punya motivasi apapun di Liga Primer Inggris. Huddersfield, selalu takluk dalam enam laga terakhirnya dan sudah dipastikan terdegradasi ke kasta dua.

Klopp juga tak punya masalah berarti dari sisi teknis. Trisula maut Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah dalam kondisi terbaiknya untuk meneror lini belakang tim tamu.

Sementara itu Pelatih Huddersfield, Jan Siewert memastikan para pemainnya akan tampil all out di Anfield. Dia yakin, duel melawan Liverpool bisa jadi momentum terbaik untuk mengobati kekecewaan para fans.

“Kami harus bisa membuat sesuatu yang akan selalu diingat oleh semua orang, sebelum kami meninggalkan kompetisi ini, musim depan,” tegas Siewert. 

HEAD TO HEAD
20/10/18: Huddersfield 0-1 Liverpool
30/01/18: Huddersfield 0-3 Liverpool
28/10/17: Liverpool 3-0 Huddersfield
20/07/16: Huddersfield 0-2 Liverpool

LIMA LAGA TERAKHIR LIVERPOOL
21/04/19: Cardiff 0-2 Liverpool
17/04/19: FC Porto 1-4 Liverpool
14/04/19: Liverpool 2-0 Chelsea
09/04/19: Liverpool 2-0 FC Porto
05/04/19: Southampton 1-3 Liverpool

LIMA LAGA TERAKHIR WATFORD
20/04/19: Huddersfield 1-2 Watford
13/04/19: Tottenham 4-0 Huddersfield
06/04/19: Huddersfield 1-4 Leicester
30/03/19: Crystal Palace 2-0 Huddersfield
16/03/19: West Ham 4-3 Huddersfield

PRAKIRAAN PEMAIN
Liverpool (4-3-3)

Alisson (GK) Robertson, Dijk, Gomez, Arnold (B) Miljer, Wijnaldum, Handerrson (T) Mane, Firmino, Salah (D)
Pelatih: Jurgen Klopp
Huddersfield (4-5-1)
Lossl (GK) Smith, Schindler, Kongolo, Durm (B) Hadergjonaj, Mooy, Stankovic, Bacuna, Lowe (T) Mounie (D)
Pelatih: Jan Siewert