Belajar Kedisiplinan di UKM Taekwondo Maranatha

Belajar Kedisiplinan di UKM Taekwondo Maranatha
UKM Taekwondo Maranatha Bandung

SIKAP berdisiplin yang tinggi. Itulah UKM Taekwondo Maranatha. Di kampus ini, mahasiswa bisa belajar Taekwondo untuk bela diri maupun prestasi di UKM ini.

Organisasi kemahasiswaan tertua di kampus Maranatha ini, mengajak seluruh mahasiswanya yang tertarik pada olahraga Taekwondo. 

Ketua UKM Taekwondo Maranatha Bandung, Marcyto Napitupulu mengatakan, dalam satu pekan, anggota akan berlatih selama tiga kali pertemuan.

Mulai dari latihan persiapan kejuaraan-kejuaraan, latihan demo (freestyle art), persiapan welcome to Maranatha, dan mengikuti berbagai kegiatan Taekwondo serta mengisi berbagai acara lainnya.

"Ya, kegiatan ini rutin dan selalu diikuti oleh seluruh anggota. Kami memiliki visi, menjadi organisasi yang menempa Taekwondo-in dengan menjunjung tinggi nilai sportivitas, kejujuran, dan integritas para mahasiswa," ucap Marcyto kepada INILAH, Jumat (26/4/2019).

Keberadaan UKM Taekwondo di kampus Maranatha ini tentu saja memiliki tujuan yang ingin dicapai. Selain untuk pengembangan diri dengan tempaan fisik dan mental yang mengarah pada pembentukan individu yang mampu menaklukkan diri sendiri.

UKM ini, juga mengajak mahasiswanya agar memiliki sikap disiplin yang baik dan diharapkan bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari, termasuk di lingkungan kampus.

"Kita juga mengajarkan untuk disiplin yang berdampak pada kedisplinan dalam kuliah, baik dari segi waktu, aturan akademik dan lain-lain," ujar Marcyto.

UKM memberikan banyak manfaat bagi seluruh anggotanya. Selain bisa belajar bela diri Taekwondo, mahasiswa juga bisa melatih mental sesuai visi dan misi agar bisa bertanggung jawab terhadap dirinya serta berdisiplin.

"Banyak mahasiswa yang bergabung karena didasarkan pada kekurangan pengetahuan akan cara membela diri dan memiliki fisik yang kurang prima serta mereka mau bergabung untuk menambah relasi pertemanan," tambahnya.

Marcyto berharap, ke depannya UKM Taekwondo Maranatha bisa menghasilkan bibit penyandang sabuk hitam terbaik. Selain itu, bisa terus berkembang dari tingkat daerah, nasional, dan internasional serta bisa membawa harum nama kampus tercinta.

Soal prestasi tak perlu diragukan lagi. UKM Taekwondo Maranatha kerap kali mendapatkan prestasi. Juara 3 Pomnas Jawa-Bali, juara 2 invitasi Unpar, juara 1, 2, 3 Walcup Bandung, juara 2 dan 3 Polban Cup, juara 2 perfomance breaking (kyopa) Walcup Bandung, dan sederet prestasi juara lainnya.

Melatih Membagi Waktu

UKM Taekwondo Maranatha bukan sekadar UKM biasa yang mempelajari tentang bela diri Taekwondo saja, tapi juga seluruh anggota dilatih untuk menjadi tahan mental dan memiliki sopan santun yang baik.

Salah satu mahasiswa, Silvia Wijayanti mengatakan, keberadaan UKM Taekwondo di kampus Universitas Kristen Maranatha ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah mahasiswanya. 

Tak sedikit mereka memilih untuk berorganisasi di lingkungan kampus karena memang hobi yang ingin mereka salurkan dan tentunya bisa menambah banyak teman dari berbagai jurusan dan fakultas.

"Melatih saya membagi waktu antara kegiatan kuliah dan unit kegiatan. Di samping itu, ketangkasan saya juga jadi terlatih. Saya jadi lebih cermat dalam mengerjakan tugas dan jadi lebih teliti," kata mahasiswa jurusan Fashion Desain Universitas Kristen Maranatha ini.

Silvia menilai, sejauh ini ketertarikan mahasiswa terhadap UKM Taekwondo Maranatha cukup antusias. Ini terlihat saat sesi latihan berlangsung, banyak mahasiswa yang mengikutinya. "Anggota baru juga setiap tahunnya selalu saja bertambah," katanya.

Dia berharap, ke depan UKM Taekwondo Maranatha jumlah anggotanya semakin berprestasi. Selain itu, juga pihak kampus semakin mendukung setiap kegiatannya.

"UKM ini bisa terus berkembang menjadi lebih baik lagi dan dapat terus menghasilkan Taekwondo-in yang berprestasi," pungkasnya. (Okky Adiana).