Grand Afiat Diberi Nama Kalla Afiat Center

Grand Afiat Diberi Nama Kalla Afiat Center
Foto: INILAH/Rizki Mauludi

INILAH, Bogor – Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan Gedung A Rumah Sakit Palang Merah Indonesia (RS PMI) Kota Bogor, Senin (29/4/2019) siang. Pria yang akrab disapa JK tersebut diberi kehormatan memberi nama gedung berlantai empat itu dengan sebutan Kalla Afiat Center.

"Diharapkan RS PMI Kota Bogor dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi 5 juta penduduk di Bogor dan sekitarnya, termasuk Presiden RI yang juga tinggal di Bogor. Hal-hal di samping melayani masyarakat, sangat penting juga untuk melakukan preventif, pencegahan masyarakat agar tidak sakit," ungkap JK yang juga menjabat Keua Umum Palang Merah Indonesia (PMI).

JK menuturkan, paling tidak ada 3 unsur yang harus diterapkan dalam menjalankan rumah sakit, yaitu tenaga kesehatan baik dokter dan perawat yang mumpuni, teknologi kesehatan termasuk peralatan kesehatan yang terus menerus diperbaharui, serta hospitality atau pelayanan yang langsung berhubungan kepada pasien.

"Karena walau dokter hebat, teknologi maju, tapi kalau perawatnya kurang tersenyum, kurang care, tidak ada yang mau berkunjung ke Rumah Sakit. Jadi 3 hal ini saling terkait,” jelasnya.

Gedung RS PMI Bogor memiliki Klinik Penyakit Dalam, Bedah, THT dan Audiometri, Saraf, Umum, Jantung dan Pembuluh Darah, Radiologi, Paru, Akupuntur, Gigi, Psikolog, Jiwa dan Pain Klinik. Kemudian, Kluster Kosmetik Medik, Mens Clinik, Fetomaternal dan Kantor Direksi, Pelayanan Medik, Sekretariat serta Perencanaan.

Direktur Rumah Sakit PMI Bogor Yuliantini H mengatakan, pembangunan gedung A merupakan salah satu upaya penunjang berbagai kebutuhan masyarakat masa kini, dengan rata-rata pasien per hari 500 orang. Kehadiran gedung baru ini akan melengkapi pelayanan kesehatan.

Grand Afiat yang diberi nama Kalla Afiat Center rencananya akan menjadi 'One stop health service and life style' yang merupakan latar belakang didirikannya Grand Afiat RS PMI Bogor. 

"Selain itu, akan ada penambahan beberapa spesialis pada kedokteran gigi dan sub spesialis seperti fetomaternal, onkologi serta konsulen ginjal selain klinik khusus seperti, klinik tumbuh kembang, klinik perawatan luka dan klinik nyeri. Sebelumnya klinik gaya hidup seperti medical check up, klinik kosmetik medik, klinik akupuntur medik, klinik gizi, klinik Iaktasi sudah dikembangkan, dan kini akan dibuka layanan seperti klinik geriatri, klinik memory, man clinic, dan klinik lainnya untuk melengkapi layanan yang sudah ada," bebernya.

Yuliantini menuturkan, peningkatan pelayanan selain pengobatan (kuratif) Grand Afiat juga menunjang pelayanan untuk menjaga kesehatan warga Bogor tetap sehat sesuai dengan kebutuhan gaya hidup masa kini. Sehingga diharapkan Grand Afiat tidak hanya diperuntukan bagi orang yang memerlukan pengobatan untuk kesehatannya, tetapi juga untuk orang-orang yang ingin mempertahankan kesehatannya.

"Selain sarana penunjang kuratif dan life style, Grand Afiat juga didukung fasilitas lainnya seperti Restoran, cafe, Bank, Minimarket, optik, dan toko peralatan kesehatan. Tak hanya itu ballroom dengan kapasitas pengunjung lebih dari 700 orang di lantai 4 bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang hendak menggelar acara seperti seminar, rapat koordinasi serta pesta pernikahan," tambahnya. (Rizki Mauludi)