Kadin Cimahi Dorong Industri Otomotif Kota Militer

Kadin Cimahi Dorong Industri Otomotif Kota Militer
Foto: Doni Ramdhani

INILAH, Bandung - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cimahi memiliki impian tinggi. Untuk kali pertama, di Kota Militer itu digelar pameran otomotif Cimahi Motorshow 2019, akhir pekan lalu di lapangan parkir Hotel Simply Valore, Jalan Baros.

Ketua Kadin Cimahi Asep Maryadi mengatakan, sebagai awal pameran ini hanya digelar dua hari. Tepatnya, pada Sabtu-Minggu (27-28/4/2019) lalu. Selain untuk memperkenalkan Cimahi, gelaran ini pun diharapkan membuka peluang bagi para investor dan seluruh merek otomotif melirik kota kecil tersebut.

“Bersama pemerintahan, kita mendorong industri otomotif di Cimahi ini bisa maju dan berkembang. Selain industri otomotif, kita pun melibatkan potensi para pelaku UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) asal daerah sekitar yang bergerak di bidang fesyen serta makanan dan minuman,” kata Asep, beberapa waktu lalu.

Dia mengharapkan, selain menjadi nilai daya tarik dan hiburan The First Cimahi Motorshow 2019 ini akan menjadi trademark baru Cimahi. Sejumlah booth pameran tidak hanya menyuguhkan produk otomotif namun diisi sejumlah komunitas otomotif dan sesama pencinta otomotif.

Dari kendaraan roda empat, pameran ini diikuti brans KIA, Honda, Chevrolet, Toyota, Nissan, Mercedes Benz, Tata Motors, Mitsubishi, DFSK, Wuling, dan Suzuki. Sedangkan, untuk kendaraan roda dua diikuti merek Kawasaki, Honda, dan Yamaha.

“Selama dua hari pameran kita menargetkan akan dihadiri sekitar 2.500 pengunjung. Rencananya, ini akan menjadi agenda tahunan sekaligus salah satu agenda besar Kadin Cimahi. Tahun depan akan lebih besar dan digelar lima hari berturut-turut,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna mengapresiasi terobosan dan keberanian Kadin Cimahi menggelar pameran otomotif perdana tersebut. Usaha yang dilakukan asosiasi para pengusaha itu diakuinya patut diacungi jempol. Sebab, tak mudah mengawali kegiatan yang relatif mengajak banyak pihak untuk bergabung.

“Pemkot akan mendukung penuh acara seperti ini. Kalau mau jadi agenda rutin tahunan pun saya siap dukung,” ucap Ajay.

Menurutnya, industri dan penggiat otomotif di Cimahi itu relatif  komplit. Di kota tersebut terdapat produsen salah satu kendaraan offroad terbaik di Indonesia yang berada di Sangkuriang. Selain itu, ada juga produsen sekaligus bengkel bus wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) dan Bandung Tour on the Bus (Bandros).

“Intinya, pameran otomotif ini bisa mengenalkan kreativitas Cimahi supaya lebih terekspos ke masyarakat luas,” tambahnya.

Loading...