Pemprov Jabar Miliki Aset Senilai Rp30 Triliun

Pemprov Jabar Miliki Aset Senilai Rp30 Triliun
Total aset milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat mencapai Rp30 triliun per tahun 2018. Jumlah tersebut meliputi sekitar 5 juta item barang dan tersebar di 27 kabupaten kota. /antara

INILAH, Bandung-Total aset milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat mencapai Rp30 triliun per tahun 2018. Jumlah tersebut meliputi sekitar 5 juta item barang dan tersebar di 27 kabupaten kota. 

Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Jabar Junaedi mengatakan jenis aset milik Pemrov Jabar terbanyak adalah tanah. Yaitu sekitar 49 persen atau senilai Rp 11 triliun.

"Ini yang membuat persoalan tanah jadi isu penting di Jawa Barat. Sisanya jalan, jembatan, mesin, dan lainnya," ujar Junaedi, saat menjadi pembicara pada acara Jabar Punya Informasi (Japri), di Gedung Sate Bandung, Kamis (2/5/2019).

Adapun untuk jenis aset bangunan milik Pemprov Jabar, yaitu sekitar 6000-an aset terdiri dari gedung kantor dan bangunan sekolah. Dia sampaikan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan berbagai upaya pengamanan administrasi. Salah satunya dengan melakukan pencatatan aset dalam setiap tahun.

Yang kedua adalah pengamanan fisik agar tanah milik Pemprov Jawa Barat tersebut bisa dikuasai dan dioptimalkan. Sementara yang ketiga yaitu pengamanan hukum agar terhindar dari gugatan. 

"Kita harus belajar dengan ada masyarakat yang mengklaim memiliki aset pemda, mereka punya hak juga untuk menggugat namun kita sebagai pemilik aset berhak juga untuk mempertahankan aset," paparnya. 

Lebih lanjut, mengenai pengelolaan aset milik Pemprov Jawa Barat senilai Rp30 triliun itu mengacu pada Perda 12 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Barang Daerah yang dilakukan agar aset bermanfaat bagi publik. 

"Ini arah kita ke depan, kita harapkan tanah pemprov atau milik pemerintah bermanfaat bagi masyarakat. Setiap tahun hampir Rp25 miliar dari pengelolaan aset, masuk ke Bapenda. Potensinya juga besar," kata dia.(riantonurdiansyah)