Pembangunan SDM Jadi Fokus Kemendikbud

Pembangunan SDM Jadi Fokus Kemendikbud
(Daulat Fajar)

INILAH, Jakarta - Pemerintah mengajak semua pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan untuk berkonsentrasi pada pembangunan sumber daya manusia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan fokus mengembangkan SDM akan membuat sistem pendidikan nasional mampu menjawab tantangan zaman.

Muhadjir menjelaskan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, perhatian pemerintah saat ini telah beralih dari pembangunan infrastruktur menjadi pembangunan sumber daya manusia (SDM). 

"Sesuai arahan tersebut maka sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan kembali urgensinya," kata Muhadjir dalam pidato peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (02/05/2019).

Muhadjir melanjutkan, untuk mendukung kebijakan pengembangan SDM maka perspektif Kemendikbud ke depan akan menekankan pada dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. 

Pengembangan pendidikan karakter yang dimaksudkan adalah membentuk insan yang berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, bertanggung jawab, serta berbudi pekerti luhur. Sedangkan pembekalan keterampilan dan kecakapan disertai dengan penanaman jiwa kewirausahaan.

“Tentu semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan, baik di tingkat pusat dan daerah,” ujar Muhadjir. 

Dia berharap, seluruh pelaku dan pemangku kepentingan bidang pendidikan dan kebudyaan agar terus bersemangat dan saling mendukung satu sama lain demi kuat dan majunya pendidikan dan kebudayaan di Indonesia. 

“Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia,” pungkas Muhadjir. (Daulat Fajar) 

Loading...