Jelang Ramadan, Sandi Minta Pemerintah dan Pengusaha Bersinergi

Jelang Ramadan, Sandi Minta Pemerintah dan Pengusaha Bersinergi
Sandiaga Uno dalam acara dialog ekonomi bersama Asosiasi Pengusaha Nasional di Bandung, Sabtu (4/5). (Rianto Nurdiansyah)

INILAH, Bandung- Memasuki Bulan Ramadan, kaum emak-emak tak jarang mengkhawatirkan kenaikan harga juga pasokan sejumlah bahan pokok. Sinergitas antara pemerintah dan pengusaha dinilai menjadi kunci agar tetap stabil.

Hal tersebut disampaikan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno dalam acara Dialog Ekonomi Bersama Aliansi Pengusaha Nasional di Le Marly Pantri, Jalan Citarum, Kota Bandung, Sabtu (4/5/3019) malam WIB.

"Kebijakan pemerintah dan pengusaha di sini harus sinergi. Satu untuk mengamankan pasokan, kedua memastikan bahwa rantai distibusinya sederhana, terbuka dan berkeadilan," ujar Sandi. 

Sandi mengklaim, konsep seperti itu telah diterapkan di DKI Jakarta kala dirinya menjabat sebagai wakil gubenur. Dimana masyarkat tidak terbebani, sebab harga dan ketersediaan bahan pokok pun tetap terjaga. 

"Alhamdulillah menghasilkan hasil yang baik sehingga pada bukan Ramadan harga-harga bisa stabil dan terkontrol," kata Sandi. 

Dia sampaikan, Pasangan Calon (Paslon) presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 02 kerap kali menyerukan sistem guna mengantisipasi permasalah yang terjadi di masyarakat terkait bahan pokok. Menurut dia, lonjakan harga selalu terjadi khususnya pada momentum puasa. 

"Mendekati bukan suci Ramadan harga-harga melonjak tinggi. Dan ini dikeluhkan oleh para ibu-ibu dan emak-emak," ucapnya. 

Di tempat yang sama, Mantan Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, pada kesempatan ini melibatkan berbagai komunitas pengusaha termasuk pelaku UMKM yang di bina oleh Pemerintah Provinsi. Selain melakukan dialog secara langsung dengan pengusaha, dia katakan, juga dalam rangka bersyukur lantaran pemilu dan pilpres berjalan dengan baik. 

"Secara khusus Pak Sandi datang ke sini juga untuk berterimakasih kepada masyarakat Jabar yang tentu saja di Jabar Prabowo-Sandi menang," ujar pria karib disapa Aher ini. 

Menurut dia, sejumlah program yang digaungkan oleh Prabowo-Sandi dalam kampanye dinilai dapat membeli hati masyarkat Jabar secara umum, termasuk para pelaku usaha. 

"Konsep perekonomian janji lapangan kerja, janji menurunkan harga harga pokok itu sangat menarik bagi emak-emak dan bagi masyarkat Jabar secara umum," ucapnya.

Disinggung soal isi dalam diskusi, Aher sampaikan, pada kesempatan ini Sandiaga Uno yang notabene berlatar belakang pengusaha memaparkan dasar-dasar perekonomiannya. 

"Dan sangat menarik karena konsep teoritis dipadukan dengan pengalaman lapangan yang dialami oleh Pak Sandi sendiri," pungkasnya. (Rianto Nurdiansyah)