Persib Diperkuat 29 Pemain Arungi Liga 1 Indonesia

Persib Diperkuat 29 Pemain Arungi Liga 1 Indonesia
Pelatih Persib Robert Alberts memastikan Persib diperkuat 29 pemain untuk Liga 1 2019. (persib.co.id)

INILAH, Bandung - Skuat Persib Bandung musim 2019 akan segera terbentuk. Kepastian itu diungkapkan oleh Pelatih Persib, Robert Rene Alberts. 

Pelatih asal Belanda ini mengaku sudah mengantongi daftar pemain yang akan bertarung di Liga 1 2019 bersama Persib.

Namun, pelatih berusia 64 tahun ini belum bisa membeberkan nama-nama pemain yang akan menjadi pemain Persib untuk mengarungi kompetisi tertinggi tanah air itu. Yang pasti jumlahnya mencapai 29 pemain. 

"Tapi kita punya situasi untuk Fabiano. Jika Fabiano jadi WNI (warga negara Indonesia), dia gabung," ujar Robert, Kamis (9/5/2019).

Dari hasil pembicaraannya dengan Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono menyebutkan bahwa proses naturalisasi Fabiano Beltrame akan segera rampung. Sehingga bek kelahiran Brasil itu bisa menjadi bagian dari Persib di musim 2019.

"Teddy datang dan bilang Fabiano tetap bisa didaftarkan sampai 22 Mei dan bisa bergabung di Liga. Teddy optimis dia bisa jadi WNI, naturalisasinya diterima," tegasnya.

Sebelumnya, Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar memastikan akan terus berupaya membantu Fabiano menjadi WNI yang saat ini prosesnya masih tertahan di Kementerian Sekretariat Negara.

"Katanya masih diurus, sebentar lagi. Mudah-mudahan saja lancar, tidak ada masalah dan tidak ada gangguan," ucap Umuh. 

Umuh berharap kondisi ini bisa dimaklumi PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 2019 dengan memberikan keringanan hingga memasukkan Fabiano dalam daftar pemain lokal Persib Bandung. 

Alasannya karena saat ini kuota untuk pemain asing non asia di Persib Bandung sudah terpenuhi usai mendatangkan gelandang asal Slovenia, Rene Mihelic. 

"Kita lihat nanti, apakah boleh didaftarkan sebelum dia masuk atau di naturalisasi," katanya. 

Namun, bila pada akhirnya proses naturalisasi itu tak rampung hingga jendela transfer pemain untuk Liga 1 2019 ditutup, Umuh mengaku tak khawatir. Sebab menurutnya Persib masih memiliki bek andalan lainnya yakni Achmad Jufriyanto. 

"Tapi Fabiano tetap di Persib. Sampai kapanpun juga tetap di kita dulu dengan tidak dipinjamkan. Kita akan berusaha sampai proses naturalisasinya selesai," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)