Hari Ketiga, KPU Jabar Sahkan Hasil Suara 6 Daerah

Hari Ketiga, KPU Jabar Sahkan Hasil Suara 6 Daerah

INILAH, Bandung - Memasuki hari ketiga Rapat Pleno Hasil Rekapitulasi Tingkat Provinsi di Kantor KPU Jawa Barat, Jumat (10/5/2019), masih terkendala sinkronisasi data pemilih.

Komisioner KPU Jabar Reza Alwan Sovnidar mengatakan, hingga hari ketiga sudah ada penyampaian dari 14 Kabupaten/Kota.

"Ada yang sudah sah, resmi dengan seluruh hasil rekapitulasinya, namun masih banyak yang dipending, karena harus melakukan sinkronisasi data pemilihnya," ucapnya, saat ditemui usai rapat pleno.

Menurut Reza, pada hari ketiga ada yang berbeda mengenai mekanisme jika ada permintaan sinkronisasi data pemilih yang tidak sesuai pada kabupaten/Kkta saat penyampaiannya.

"Kendala di data pemilih tersebut, kita mekanimenya hari ini, masuk ke ruangan penanganan khusus, tidak dibahas dalam forum besar, agar memaksimalkan waktu penyampaian Kota/Kabupaten lainnya," ucapnya.

Lanjut Reza, dalam ruangan tersebut KPU bersama Bawaslu masing-masing kota/kabupaten mengoreksi data pemilih yang belum singkron, ketika sudah selesai dilaporkan kembali dalam forum.

"Hari pertama dan kedua kan cenderung lambat, untuuk hari ini simultan. Misal ada masalah, selesaikan di tempat lain dulu agar forum tetap berjalan, jadi ketika masuk ruang utama mereka tinggal melaporkan," katanya.

Sementara itu, terkait tiga kota/kabupaten yang belum menyerahkan laporan ke KPU Jabar, Reza berharap bisa diselesaikan pada Sabtu (11/5/2019).

"Informasinya Depok malam ini, namun untuk Bekasi, terutama Kabupatennya itu kan padat, TPS-nya banyak, mereka masih dalam proses," katanya.

Menurut dia, dikarenakan prinsip rapat pleno ini simultan, tidak harus menunggu sampai semua hasil pleno tingkat kota/kabupaten selesai.

"Mudah-mudahan besok ketiganya sudah bisa menyampaikan, agar bisa menjadi penutup rangkaian ini," ujarnya.

Reza menambahkan, rencananya KPU Jabar juga menargetkan pada Minggu 12 Mei 2019 tinggal menyempurnakan data yang kurang, atau sinkronisasi data yang diperlukan saja.

"Jadi nanti kita juga harus merapihkan berkas sebelum diserahkan ke KPU RI. Jadwal penyampaian Jabar itu hari senin, rapat besok kita juga nambah waktu sampai tengah malam, semoga tidak lewat sampai pukul 24.00 wib," pungkasnya.

Hasil yang sudah disahkan perolehan suaranya dalam rapat pleno hari ketiga, yakni Kabupaten Garut, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Sukabumi, namun perlu ada perbaikan dari sisi data pemilih. (Agung Fitu Budiana)