Rapat Pleno KPU Jabar Diperpanjang Sehari

Rapat Pleno KPU Jabar Diperpanjang Sehari
Rapat Pleno Rekapitulasi di Kantor KPU Jabar diperpanjang hingga Minggu (12/5/2019). (Agung Fitu Budiana)

INILAH, Bandung- Awalnya Rapat Pleno Hasil Rekapitulasi Tingkat Provinsi Jabar dijadwalkan berlangsung empat hari dari Rabu (8/5/2019) hingga Sabtu (11/5/2019). Banyak kendala teknis, hingga akhirnya molor sehari hingga Minggu (12/5/2019).

Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok mengatakan saat ini hanya Kabupaten Bekasi yang belum melaporkan hasil plenonya karena terkendala untuk melakukan hitung ulang.

"Disana ada keberatan terkait dengan hasil dari partai pada suara DPR, jadi harus melakukan hitung ulang di dua desa," katanya usai ditemui di sela Rapat Pleno, Sabtu (11/5/2019).

Menurut Rifqi, hingga hari keempat pukul 17.30 wib, sudah ada 21 Kota/Kabupaten yang menyampaikan hasil plenonya, namun yang baru disahkan hasil suaranya baru 12 daerah, sehingga perlu penambahan hari.

"Untuk penyampaian, rencananya 26 Kota/Kabupaten pada hari ini, jadi besok hanya Kabupaten Bekasi yang menyampaikan hasil pleno, termasuk penetapan untuk untuk semua Kota/Kabupaten yang melakukan perbaikan seperti data pemilih," katanya.

Sementara itu, dalam rapat pleno juga disebutkan beberapa caleg yang meninggal, sehingga membuat suaranya dialihkan ke partai masing-masing.

"Iya ada, diantaranya dai PAN, Berkarya, dan Demokrat, itu dari caleg DPR RI dan Provinsi juga ada, suaranya dialihkan ke partai," katanya. (Agung Fitu Budiana)