Plong, KPU Kota Bandung Akhirnya Sampaikan Hasil

Plong, KPU Kota Bandung Akhirnya Sampaikan Hasil
Ketua KPU Kota Bandung Suharti setelah menyampaikan hasil pleno ke KPU Jabar, Sabtu (11/5/2019) malam WIB. (Agung Fitu Budiana)
Plong, KPU Kota Bandung Akhirnya Sampaikan Hasil

INILAH, Bandung - Komisi Pemilihan Kota (KPU) Kota Bandung menyampaikan hasil pleno pada hari keempat Rapat Pleno Hasil Rekapitulasi Tingkat Provinsi Jawa Barat di Kantor KPU Jabar, Sabtu (11/5/2019).

Ketua KPU Kota Bandung Suharti mengatakan pihaknya merasa lega karena telah menyampaikan hasil yang sebelumnya akan disampaikan pada hari ketiga.

"Hasil tadi tidak ada masalah, karena kita clear dari bawah mulai pleno tingkat kecamatan, kota, dan sekarang provinsi, tidak ada keberatan juga dari semua saksi," katanya saat ditemui usai penyampaian.

Menurut Dia, hasil pleno Kota Bandung hanya perlu perbaikan terkait data pemilih seperti daerah lainnya, namun untuk hasil perolehan suara sudah disahkan.

"Karena data pemilih tidak berpengaruh apa-apa, kalo hasil suara sudah disahkan, tidak berpengaruh ke suara sah, atau ke calon juga," ucapnya.

Namun, Suharti menjelaskan sempat ada kendala di beberapa wilayah di Kota Bandung, sehingga harus ada hitung ulang dikarenakan data yang tidak sinkron.

"Seperti di Andir, ada 70 TPS kita hitung ulang waktu itu, namun sekarang sudah sah, tidak ada masalah pada semua suara, juga tidak ada sanggahan apa pun dari Bawaslu," katanya.

Dia juga menjelaskan jika ada Caleg atau Partai yang tidak sepakat, meski pun pada hari ini sudah diketok palu (disahkan) masih ada mekanisme jika tidak menyetujui hal tersebut.

"Ketika KPU RI sudah menetapkan pada 22 Mei nanti, masih ada waktu tiga hari, kalau mereka belum puas, ada sengketa hasil juga di Mahkamah Konstitusi. Ya meski pun sudah clear kan, bisa saja keberatan walau pun sudah ditetapkan," ujarnya.

Sementara itu, perolehan suara Capres untuk Kota Bandung, paslon 02 Prabowo-Sandi unggul dengan 867.945 suara dibandingkan paslon 01 Jokowi-Ma'ruf debgan 621.969 suara. (Agung Fitu Budiana)