70% Sertifikat PTSL 2018 Telah Selesai Dibuat

70% Sertifikat PTSL 2018 Telah Selesai Dibuat
Penyerahan sertifikat tanah di Cibinong
INILAH, Bogor - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor memastikan 80 ribu bidang tanah yang masuk program Pendafaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2018 di Kecamatan Ciseeng, Gunungsindur, Jasinga dan Cigudeg telah selesai diukur. Bahkan, 30% sertifikat telah diserahkan kepada masyarakat.
 
Kepala BPN Kabupaten Bogor Agustyarsyah mengatakan, selain sertifikat sudah diserahkan, ada sekitar 70% sertifikat telah selesai dibuat. Namun, BPN menunggu perintah kapan sertifikat itu oleh siapa dan kapan sertifikat dibagikan.
 
"Apa kita harus serahkan sendiri 100% sertifikat atau menunggu Pak Menteri yang menyerahkan. Kita sedang tunggu arahannya," kata Agus, Selasa (13/11/2018).
 
Dia menjelaskan, PTSL 2017 telah rampung 100%. Namun ada beberapa kendala masih harus diselesaikan. Seperti perubahan luas lahan yang tidak sesuai dokumen mereka. "Bisa terjadi seperti itu karena petugas ukur bukan dari BPN, itu mereka yang menang lelang (tender). Bukan dari BPN," kata dia.
 
Dia memastikan, jika ada komplain dari masyarakat, maka BPN harus menerima, dengan mengklarifikasi kepada pihak petugas ukur. "Itu saja sih dokumen disesuaikan dengan antara hasil pengukuran dengan dokumen masyarakat," katanya.