Inikah Calon Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor?

Inikah Calon Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor?
Ilustrasi/Reza Zurifwan

INILAH, Ciawi- Untuk pertama kalinya, Partai Gerindra akan meraih kursi Ketua DPRD Kabupaten Bogor. Partai besutan Prabowo Subianto, itu meraih 14 kursi dari 15 kursi yang tersedia.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bogor Iwan Setiawan mengaku akan mengusulkan 4 orang anggota DPRD Kabupaten Bogor terpilih menjadi calon Ketua DPRD Kabupaten Bogor.

"Kami akan mengusulkan 4 orang anggota dewan terpilih menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bogor ke DPP Partai Gerindra; kita masih berproses dan menunggu Surat Keputusan dari DPP Partai Gerindra," ucap Iwan kepada wartawan, Minggu (12/5).

Pria yang saat ini menjabat sebagai Wabup Bogor ini menerangkan 4 orang yang nantinya akan dipilih menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bogor harus paham akan pemerintahan, pengalaman, pengurus struktur partai dan raihan suara teemasuk yang terbanyak.

"Kriteria kami Ketua DPRD Kabupaten Bogor itu selain paham pemerintahan, pengalaman, pengurus struktur partai, raihan suara termasuk yang terbanyak dan diterima oleh fraksi partai poltik lainnya di DPRD Kabupaten Bogor. Kami lagi menghimpun informasi ke fraksi partai politik lainnya untuk mendengar pendapat mereka," terangnya.

Dari data hasil rapat pleno KPU Kabupaten Boor, untuk raihan suara terbanyak ranking 1 suara terbanyak Partai Gerindra ditempati oleh Muhammad Rizky dari daerah pemilihan (Dapil) IV dengan jumlah suara 26.193, kedua Rudy Susmanto caleg dari dapil I (22.763 suara).

Lalu, suara terbanyak ketiga ditempati Beben Suhendar dari Dapil II dengan jumlah suara 21.050 suara dan keempat Heri Aristandi dari Dapil III dengan jumlah suara 17.377 suara.

Jika melihat kriteria yang disebutkan Iwan Setiawan, Muhammad Rizky menjadi calon kuat karena selain raihan suara terbanyak, ia juga pengurus struktur partai, berpengalaman menjadi Ketua Fraksi Gerindra dan saat ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor.

Menanggapi besarnya peluang menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Muhammad Rizky yang masih berusia 28 tahun ini meminta dukungan dan doa dari masyarakat Kabupaten Bogor.

"Minta do'anya aja dan semoga yang terpilih menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bogor kedepan adalah kader terbaik Partai Gerindra di Bumi Tegar Beriman," singkat Rizky.

Selain posisi Ketua DPRD Kabupaten Bogor, tiga kursi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor akan diisi oleh anggota dewan dari PKS, Partai Golkar dan PPP. Calon kuat dari 3 partai politik tersebut ialah KH Agus Salim (23.063 suara), Wawan Haikal Kurdi (17.880 suara) dan Usep Supratman (12.613 suara) karena ketiganya meraih suara terbanyak di partainya masing-masing. 

Tiga nama Calon Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor tersebut sampai saat ini masih dalam proses penggodokan di partai  masing-masing dan menunggu persetujuan DPP partai poltiknya. (Reza Zurifwan)