Bawaslu ke KPU Jabar: Jangan Ditunda Lagi!

Bawaslu ke KPU Jabar: Jangan Ditunda Lagi!
Ketua Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan. (Agung Fitu Budiana)

INILAH, Bandung- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Barat memghimbau Rapat Pleno Rekapitulasi di KPU Jabar bisa rampung Senin (13/5/2019).

Ketua Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan mengatakan seharusnya proses rekapitulasi di tingkat Jawa Baratselesai pada 12 Mei lalu. Itu, mengacu pada jadwal nasional.

"Sesuai PKPU harusnya sudah diselesaikan, tapi sudah ada surat edaran KPU RI untuk perpanjangan, ya kita mematuhi prosedur itu," katanya saat dtemui usai rapat pleno, Senin (13/5/2019) dini hari WIB.

Menurut Abdullah, perpanjangan waktu tersebut harus dimanfaatkan maksimal karena masih ada Kota/Kabupaten yang dalam perbaikan dan Kabupaten Bekasi yang baru selesai proses rekap.

"Dalam kaitan itu, kami himbau ke KPU Jabar agar proses rekap tingkat provinsi ini bisa diselesaikan satu hari tambahan saja, tidak menciptakan penundaan lagi," katanya.

Selain itu, dia juga mengatakan agar KPU Jabar juga mulai mempersiapkan menuju rekapitulasi tingkat nasional di KPU RI.

"Saya kira memungkinkan besok selesai, walaupun tiga harin tambahannya, karena hanya Kabupaten Bekasi saja yang melakukan penyampaian rekapitulasi," ucapnya.

Sementara itu Ketua KPU Jabar, Rifqi Ali Mubarok mengatakan pihaknya sudah menetapkan 25 Kota/Kabupaten untuk perolehan suara, dan hanya tersisa dua daerah saja.

"Jadi agenda besok (hari ini) hanya tinggal penyampaian Kabupaten Bekasi dan Kota Cirebon untuk penyandingan data saja," katanya.

Dia berharap pada hari tambahan tersebut sudah bisa menetapkan hasil rekapitulasi tingkat provinsi. "Berdasarkan surat edaran KPU RI, bisa melakukan perpanjangan waktu untuk rekapitulasi sampai tanggal 15 mei, ada 3 hari tambahan untuk menyelesaikan proses rekap di tingkat provinsi," ucapnya.

Selain Jawa Barat, Rifqi menjelaskan ada 10 Provinsi yang diberikan tambahan waktu."Sudah ada surat edaran, untuk 10 provinsi diberikan waktu tambahan tiga hari untuk menyelesaikan rekap di tingkat provinsi, dari tanggal 12 mei 2019," ucapnya. (Agung Fitu Budiana)
2 Attachments