Gerindra Rebut Jatah Kursi Ketua DPRD Jawa Barat

Gerindra Rebut Jatah Kursi Ketua DPRD Jawa Barat
Foto: Net

INILAH, Bandung – Partai Gerindra dipastikan akan merebut kursi Ketua DPRD Jabar dari PDI Perjuangan. Hal itu terjadi usai KPU Jabar melaksanakan rapat pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pemilu Serentak 2019, Senin (13/5/2019).

Berdasarkan pleno tersebut, Partai Gerindra merebut 25 dari 120 kursi DPRD Jabar. Perolehan kursi tersebut merupakan perolehan tertinggi di antara partai peserta pemilu lainnya. Secara aturan, partai besutan Prabowo Subianto ini mempunyai hak menduduki kursi Ketua DPRD.

Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jabar Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) Bucky Wikagoe mengatakan, perolehan suara tersebut merupakan bukti keberhasilan seluruh komponen di Jabar. Kemenangan di Jabar sudah menjadi target sejak awal dari Partai Gerindra.

“Walaupun sebelumnya masih di luar target. Target awal kita sih bisa 30 persen. Tetapi apapun itu, kita syukuri bisa leading di Jabar,” kata Bucky saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (14/5/2019).

Bucky mengakui, kemenangan tersebut tidak bisa dilepaskan dari kondisi Pilpres 2019. Dalam Pemilu 2019 ini, perolehan kursi Gerindra meningkat tajam. Dari rekapitulasi kemarin, Partai Gerindra juga meloloskan 17 kursi DPR RI, sedangkan untuk kursi DPRD kota/kabupaten se-Jabar memperoleh lebih dari 200 kursi.

“Untuk kursi Ketua DPRD, kita belum menyiapkan kadernya. Yang pasti kita banyak potensi untuk menduduki kursi itu. Sekarang masih konsentrasi pada hasil Pilpres 2019 dulu. Terima kasih buat warga Jabar yang sudah menaruh kepercayaan kepada Gerindra. Semoga wakil rakyat kami mengabdi untuk masyarakat,” ujarnya.

Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok menyatakan, telah mengesahkan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 dari 27 kabupaten dan kota.

"Untuk hasil perolehan suara itu tidak ada masalah. Jadi sudah dipastikan hasil perolehan suara untuk 27 kota kabupaten tidak ada selisih dan kita sudah sahkan tinggal penetapannya saja," kata Rifqi.

Rifqi menjelaskan, semua daerah sudah menyelesaikan hasil penghitungan suara, termasuk Kabupaten Bekasi yang sebelumnya terkendala menuntaskan rekapitulasi suara.

"Jadi yang perbaikan tinggal menyisakan dua daerah, Kabupaten bekasi dan Kota Cirebon. Yang sudah kita tetapkan 25 kota kabupaten. Tapi dari yang diperbaiki hanya data pemilihnya," ujarnya.

Daftar Caleg Partai Gerindra DPRD Jabar yang Lolos Dalam Pemilu 2019
Dapil 1 Kota Bandung & Kota Cimahi Arif Hamid Rahman, Buky Wibawa 
Dapil 2 Kabupaten Bandung Dadang Kurniawan 
Dapil 3 Kabupaten Bandung Barat Tobias Ginanjar Sayidina
Dapil 4 Kabupaten Cianjur Mirza Agam Gumay
Dapil 5 Kabupaten Sukabumi & Kota Sukabumi Lina Ruslinawati, Sopyan
Dapil  6 Kabupaten Bogor Ricky Kurniawan, Prasetyawati, Cecep Gogom
Dapil 7 Kota Bogor Ibnu Ariebowo Kusumo 
Dapil 8 Kota Bekasi & Kota Depok Abdul Harris Bobihoe, Rizki Apriwijaya
Dapil 9 Kabupaten Bekasi Syahrir, Irpan Haeroni
Dapil 10 Kabupaten Karawang & Puwakarta Gina Fadlia Swara, Ihsanudin
Dapil 11 Kota Subang, Sumedang & Majalengka Heri Ukasah Sulaeman, Taufik Hidayat
Dapil 12 Kabupaten Cirebon, Kota  Cirebon & Indramayu Daddy Rohanady, Kasan Basari 
Dapil 13 Kabupaten Kuningan, Ciamis, Kota Banjar & Pangandaran Tina Wiryawati
Dapil 14 Kabupaten Garut Deden Galih
Dapil 15 Kabupaten Tasikmalaya & Kota Tasikmalaya Viman Alfarizi Ramadhan, Ali Rasyid

Sementara untuk DPR RI, Partai Gerindra meloloskan 17 calegnya. Mereka adalah Sodik Mudjahid (Dapil Kota Bandung & Kota Cimahi), Rachel Maryam Sayidina dan Iis Edhy Prabowo (Kabupaten Bandung & Kabupaten Bandung Barat), Ahmad Riza Patria dan Endang Setyawati Thohari (Kabupaten Cianjur & Kota Bogor), Heri Gunawan (Kabupaten Sukabumi & Kota Sukabumi), Fadli Zon dan Mulyadi (Kabupaten Bogor), Nuroji (Kota Bekasi & Kota Depok), Obon Tabroni dan Putih Sari (Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang & Kabupaten Bekasi), Kardaya Warnika (Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu & Kota Cirebon), Jefry Romdonny (Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang & Kabupaten Subang), Ardhya Pratiwi S (Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Banjar & Kabupaten Pangandaran), Husein Fadlulloh, Subarna, dan Ervin Luthfi (Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmlaya & Kota Tasikmalaya). (Dery Fitriadi Ginanjar)