Apresiasi Guru, Disdik Jabar Gelar “Een Sukaesih Award” 2019

Apresiasi Guru, Disdik Jabar Gelar “Een Sukaesih Award” 2019
Sosialisasi pelaksanaan Een Sukaesih Award 2019. (istimewa)

INILAH, Bandung - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) menggelar sosialisasi pelaksanaan "Een Sukaesih Award" (ESA) 2019 di Hotel Takashimaya Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat.

Kepala Bidang (Kabid) Keguruan dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdik Jabar, Asep Suhanggan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mengapresiasi guru dan tenaga pendidik di Jabar.

"Setiap tahun, pemerintah selalu memberikan penghargaan kepada kinerja guru yang berprestasi dan berdedikasi di seluruh jenjang berdasarkan kriterianya," ucapnya.

Asep memaparkan, pelaksanaan ESA ditujukan kepada guru dan tenaga pendidik yang tidak terakomodasi dalam program "Guru dan Tenaga Pendidik Berprestasi dan Berdedikasi" yang diselenggarakan setiap tahun.

"Oleh karenanya, perlu diselenggarakan ajang penghargaan khusus seperti ini bagi guru yang pantas dikategorikan sebagai guru inspiratif," tuturnya.

Penghargaan ESA, lanjut Asep, diklasifikasikan berdasarkan tugas dan fungsi tenaga pendidik di satuan pendidikan. Mulai dari guru, kepala sekolah, kepala administrasi sekolah, laboran, pengawas hingga pustakawan sekolah.

Dia menambahkan, guru adalah contoh keteladanan bagi siswa serta harus mampu menginspirasi peserta didik, rekan sejawat, dan masyarakat. "Guru adalah role model keteladanan bagi siswa," katanya.

Asep menjelaskan, pelaksanaan ESA sesuai amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengenai pemberian apresiasi kepada guru dan tenaga pendidik berprestasi.

Rangkaian ESA 2019 meliputi sosialisasi pada 2 - 3 Mei 2019, kemudian dibuka jadwal pendaftaran pada 6 - 2 Agustus 2019. Seleksi dan penetapan nominasi dilaksanakan pada 5 - 30 Agustus 2019, ekspose nominasi pada 1 September hingga 27 Oktober 2019 serta penilaian tahap I dan II pada 29 - 31 Oktober 2019.

"Acara puncak ESA 2019 akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Guru Nasional, yakni 25 November 2019," pungkasnya