Tindak Dijamin akan Bebas Banjir

 Tindak Dijamin akan Bebas Banjir
INILAH, Bandung- Kepala BBWS Citarum Bob Arthur Lombogia menyebut kolam retensi  Cieunteung hanya untuk menampung air sementara, sekitar  200 ribu meter kubik. Setelah itu, air akan dipompa hingga stabil pada elevasi 6,59.
 
“Saat ini memang belum digunakan, karena masih ada daerah terbuka sekitar 3 meter di area danau, dan pompa baru kita operasikan 1 unit yang kapasitasnya 2 meter kubik/detik. Kalau yang 3,5 meter totalnya ada 10, belum dioperasikan karena memang belum rampung, jadi sekarang ini masih apa adanya,” katanya.
 
Bob menyebutkan, manfaat danau retensi Cieunteung nantinya adalah untuk pengendalian banjir, mereduksi daerah genangan di permukiman penduduk yang berdasarkan data ada  sekitar 3 ribu rumah, juga sarana rekreasi masyarakat. 
 
“Danau ini hanya berfungsi untuk mengendalikan banjir supaya tidak parah. Nah itu juga kembali lagi ke curah hujan yang turun, kalau intensitasnya lebat dan terjadi berhari-hari banjir akan sulit dikendalikan. Dari hasil desain danau seluas 4 hektar dengan kedalaman 6 meter ini akan mereduksi banjir di Bandung Selatan seluas 91 ha. Kalau soal bebas banjir, gak akan ada yang sanggup  menjamin,"ujarnya.