Pemkot Bogor Gelar Bazaar Murah, Daging Sapi Rp70 ribu

Pemkot Bogor Gelar Bazaar Murah, Daging Sapi Rp70 ribu
Wali Kota Bogor Bima Arya di acara Bazaar Murah Ramadan, Rabu (15/5/2019) pagi WIB. (Rizki Mauludi)

INILAH, Bogor- Pemkot Bogor bersama PD Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) serta Bank Indonesia (BI) menggelar bazaar murah Ramadan di Balai Kota Bogor, mulai Rabu (15/5/2019) pagi WIB.

Bazaar yang akan berlangsung selama dua hari, ini fokus menyediakan daging sapi, telur ayam dan pasti beras murah untuk masyarakat Kota Bogor. Selain itu ada juga kue-kue dari produk Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM).

Wali Kota Bogor Bima Arya yang membuka langsung acara, ini mengharapkan partisipasi dari masyarakat untuk datang ke Balai Kota Bogor. Selain itu disediakan juga penukaran uang dari BI dengan maksimal penukaran Rp3,7 juta.

"Ini sebetulnya memontum yang dimaksimalkan dalam target yang banyak hal, pertama konteks bulan ramadan berbagi dan silaturahmi. Kedua dalam konteks pengendalian inflasi, kami ingin selama ramadan ini harga-harga terkendali, bisa berbagi dengan warga, harga terkendali. Jadi banyak sisi suplay disini dengan opsi lebih murah. Ini berkoordinasi dengan BI, dengan dinas-dinas diadakan selama dua hari," ungkap Bima.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Kerjasama Setdakot Bogor Tyas Ajeng mengatakan, pihak yang menyediakan 18 stand untuk penjualan Sembilan Bahan Pokok (Sembako), paketnya tergantung masing-masing komunitas. Paketnya dipastikan cukup untuk pengunjung bazaar ini, terutama bulog itu stoknya banyak sekali. Jika tidak kebagian hari ini masih ada besok.

"Dan mereka masih bisa suplay lagi barangnya. Untuk daging harga pasarnya Rp120 ribu, kalo disini Rp70 ribu. Biasa dikejar masyarakat itu daging, ayam dan yang lainnya di pastikan aman," ungkap Tyas.

Tyas melanjutkan, bazar ini dilakukan selama dua hari, tetapi Pemkot Bogor mempunyai jadwal sampai 29 Mei 2019 menyebar ke kecamatan-kecamatan SeOota Bogor dan nanti dari humas akan mengeluarkan rilis jadwalnya. Adapun dinas atau perangkat daerah yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi dan UMKM dan PD PPJ.

"Bagi masyarakat Kota Bogor yang membutuhkan bahan pokok dengan harga murah dipersilahkan untuk mengunjungi Bazar Murah Ramadhan 1440 H di Plaza Balai Kota Bogor. Tapi jangan lupa juga membawa kantong belanja dari rumah," jelasnya.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat
Pribadi Santoso menuturkan, BI menyediakan penukaran uang, insya Allah untuk hari ini cukup sampai sore. Diperkirakan Rp1,5 miliar dalam satu hari ini.

"Kalo ada kebutuhan tambahan kami siap. Karena dibatasi bagi semua yang sudah mendapat bagian. Tidak satu orang kemudian nukarnya ke satu orang itu. Tapi kalao mau antri lagi silahkan. Besok juga ada, satu orang boleh nukar sampai Rp3,7 juta," pungkasnya.(Rizki Mauludi)