Yudi Guntara: Persib Musim Ini Jauh Lebih Oke

Yudi Guntara: Persib Musim Ini Jauh Lebih Oke
Yudi Guntara. (dok inilah koran)

INILAH, Bandung- Optimisme tinggi dirasakan Yudi Guntara melihat komposisi pemain Persib Bandung musim 2019. Legenda hidup Maung Bandung ini yakin Persib bisa meraih prestasi di Liga 1 2019.

Bahkan secara blak-blakan, pemain yang turut mengantarkan Persib juara pada musim 1995 itu menilai materi pemain Persib saat ini jauh lebih baik ketimbang di musim 2018 lalu. 

"Kalau kata saya sih bahwa tim ini memang tim lebih bagus dari 2018 karena ada beberapa pemain tambahan, pemain muda agresif, cepat di lapangan. Pelatih juga gampang dan tidak pusing saat mengganti pemain," ungkap Yudi, Rabu (15/5/2019). 

Beda halnya ketika pada musim 2018 lalu, kata Yudi, pelatih terlihat kesulitan saat kehilangan satu pemainnya. Baik saat cedera, akumulasi kartu atau dipanggil tim nasional Indonesia. 

"Dulu tidak ada Ghozali, tidak ada Febri, kondisi tim langsung beda. Jadi untuk pemain yang sekarang ideal menurut saya untuk Liga," katanya.

Apalagi lanjutnya, saat ini materi pemain Persib berjumlah 31 pemain. Artinya sang pelatih bisa menggonta ganti pemain dengan mudahnya tanpa menghiraukan kualitas pemain itu sendiri.

"Memang harus ada beberapa pemain pelapis. Misalnya Malisic, Fabiano, Jupe (Achmad Jufriyanto), Indra, Saepuloh. Kita kan tidak tahu, misalnya satu di antaranya terkena akumulasi atau cedera. Apalagi kompetisi panjang," tuturnya. 

Yudi tak setuju bila Persib mengalami perombakan besar-besaran di musim 2019. Sebaliknya kata dia, kerangka tim pada musim 2018 masih utuh. 

"Persib hanya kehilangan Bauman, In Kyun, Victor Igbonefo, sisanya ada. Apalagi sekarang dilapis sama pemain yang talenta dan pemain muda agresif," tegasnya.

Hanya saja, kata Yudi, Persib sedikit mengalami kendala setelah Robert Rene Alberts baru dipercaya sebagai pelatih menggantikan Miljan Radovic. 

"Robert belum mengetahui karakter pemainnya. Kemarin saja lawan Borneo FC (Piala Indonesia), asistennya yang megang peranan penting. Tapi dengan pengalaman pelatih yang pernah membawa juara dan sebagainya, mudah-mudahan adaptasinya bisa cepat," harapnya.(Muhammad Ginanjar)