KPPU Selidiki Kenapa Harga Tiket Pesawat Selangit

KPPU Selidiki Kenapa Harga Tiket Pesawat Selangit
Peresmian KPPU Wilayah III di Bandung. (Okky Adiana)

INILAH, Bandung - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU)  menegaskan pihaknya tengah melakukan penyelidikan terkait harga tiket pesawat yang meroket.

Ketua KPPU Kurnia Toha mengatakan penyelidikan dilakukan bersama Kementerian Perhubungan dan pihaknya juga tengah melakukan penyelidikan persaingan harga di bulan Ramadan.

"Kami akan terus melakukan pengawasan sampai sejumlah maskapai penerbangan mampu menurunkan harga tiket, kalau tidak maka akan menjadi perkara," katanya kepada wartawan usai peresmian KPPU Kanwil lll wilayah kerja Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Sementara itu, Wakil Ketua KPPU Ukay Karyadi mengatakan, dibukanya Kanwil di Bandung untuk kemudahan advokasi, misalnya persoalan tender akan proaktif memberikan masukan kepada pemerintah sesuai dengan prinsip persaingan usaha.

Mengawasi persaingan usaha di bidang UMKM, di sektor ritel modern, dalam proses bermitra sering tidak sehat. Menurut Karyadi, di kanwil lll ada hal yang menarik, KPPU generasi keempat, yakni prioritas ekonomi digital ecommers.

Bandung sebagai kota dinamis kreatif, sebagai salah satu alasan kuat, yang asalnya perwakilan daerah menjadi kantor pusat. Selain itu, menyikapi pelaku usaha yang banyak menggunakan teknologi informasi, seperti startup, kreativitas dan lainnya.

Senada dengan itu, Kepala Kantor Wilayah III KPPU Bandung Aru Armando menyatakan bahwa tiga wilayah kerja lebih dari sepertiganya perekonomian nasional. Selain itu, kompilasi atau menyisir peraturan yang tumpang tindih untuk disarankan sebagai masukan kepada pemerintah daerah Jabar.

Revolusi industri yang luar biasa, seperti halnya membeli barang dari Cina dengan free ongkir, sehingga diperlukan pengawasan. Aru mendesak jangan sampai ada gap antara si kaya dan si miskin yang semakin luas, sehingga memperbesar jurang perbedaan ekonomi.

Seperti diketahui, di Indonesia, sudah berdiri 6 Kantor Perwakilan (Kanwil) KPPU masing-masing Kanwil I di Medan, Kanwil II di Batam, Kanwil III Bandung yang baru diresmikan, Kanwil IV di Surabaya, Kanwil V di Balikpapan, dan Kanwil VI di Makasar. (Okky Adiana)