Mudik 2019, Purwakarta Bentuk Unit Respons Cepat Kecelakaan 

Mudik 2019, Purwakarta Bentuk Unit Respons Cepat Kecelakaan 
Foto: INILAH/Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta – Jajaran lintas sektoral di Kabupaten Purwakarta berjibaku melakukan serangkaian persiapan untuk kelancaran arus mudik dan balik lebaran 2019 mendatang. 

Salah satu upaya yang tengah dilakukan, yakni dengan membentuk unit khusus respons cepat penanganan kecelakaan lalu lintas. Di musim mudik nanti, bakal ada pos khusus yang bersiaga melayani Quick Rescue tersebut.

Kanit Laka Polres Purwakarta, IPTU Asep Kusmana menuturkan, dalam pembentukan posko Quick Rescue ini kepolisian bekerja sama dengan jajaran lintas sektoral. Di antaranya, pihak Rumah sakit, Jasa Raharja, hingga petugas derek dan Damkar.

"Dengan adanya posko tersebut, diharapkan bisa meminimalisasi dampak fatal dari kecelakaan lalu lintas saat mudik dan balik lebaran nanti," ujar Asep kepada INILAH, Rabu (15/5/2019).

Dia menjelaskan, pos quick rescue ini akan disiagakan di dua titik. Yaitu, di Ciganea, Kecamatan Jatiluhur, yang bisa menjangkau wilayah Barat Purwakarta termasuk ruas Tol Cipularang. Serta, di Mapolres Purwakarta yang nantinya menjangkau wilayah tengah dan ruas Tol Japek serta Cipali.

"Pos ini nantinya diisi dengan personel yang terintegrasi dengan instansi lainnya," jelas dia.

Dia menjelaskan, petugas yang berjaga 24 jam di posko ini, akan melakukan penanganan kecelakaan dalam waktu yang relatif cepat. Setelah ada laporan kecelakaan, petugas akan tiba di lokasi kejadian, maksimalnya 30 menit setelah kejadian.

"Jadi, ketika terjadi kecelakaan, tim quick rescue ini akan segera melakukan penanganan. Sehingga, kecelakaan ini nantinya tidak mengganggu kelancaran arus mudik dan balik," pungkasny. (Asep Mulyana)