Polres Bandung Gelar Rakor Antisipasi Macet di Jalur Mudik

Polres Bandung Gelar Rakor Antisipasi Macet di Jalur Mudik
Rakor lintas sektoral pengamanan Operasi Ketupat Lodaya di Mapolres Bandung di Soreang, Rabu (15/5). (Dani R Nugraha)

INILAH,Bandung- Kemacetan arus lalu lintas di titik titik yang tidak bisa diperkirakan menjadi salah satu evaluasi jajaran Polres Bandung jelang mudik lebaran 2019.

Kemacetan yang tak diperkirakan, jadi salah satu bahasan dalam rapat koordinasi lintas sektoral pengamanan Operasi Ketupat Lodaya di Mapolres Bandung di Soreang, Rabu (15/5/2019).

Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan mengatakan, rapat koordinasi lintas sektoral jelang mudik lebaran 2019 ini penting dilakukan untuk mengevaluasi hasil Operasi Ketupat 2018. Sekaligus melakukan perencanaan dan juga perkiraan dan pelaksanaan Operasi Ketupat 2019.

"Semuanya menjadi bahan evaluasi, jadi apa yang dievaluasi itu tidak akan diulang lagi itu tujuannya. Bahan evaluasi penting pada Operasi Ketupat 2018 lalu adalah kemacetan jalur lalulintas. Sehingga kami fokus pada kemacetan di jalur mudik yang tak terprediksi,"kata Indra usai menggelar rakor.

Selain itu, kata Indra, pihaknya juga fokus pada operasi Mantap Brata, karena memang pelaksanaanya berbarengan dengan Operasi Ketupat. Ia berharap kedua operasi ini bisa berjalan dengan baik hingga situasi tetap aman di Kabupaten Bandung.

"Tahun lalu masih ada kemacetan yang diluar prediksi. Saat hari H memang yang harus diantisipasi itu pemudik lokal. Apapun yang tidak terperkirakan, kita siapkam pasukan hari ini." ujarnya.

Indra mengimbau, pada masyarakat yang hendak mudik melalui jalur selatan Nagreg agar selalu berhati hati dan selalu mentaati aturan lalu lintas serta arahan dari para petugas.

"Siapkan fisik yang prima, kondisi kendaraan juga harus laik jalan. Kalau lelah saat berkendara sebaiknya istirahat di tempat yang disediakan," katanya.

Kasatlantas Polres Badung AKP Hasby Ristama menambahkan, pihaknya akan melakukan cara bertindak (CB) jika terjadi kemacetan di jalan tersebut. CB dilakukan, sebelum arus kendaraan dialihkan ke jalur alternatif.

"Kami akan lakukan CB jalan satu arah (one way) dari Nagreg hingga Garut. Kami berkoordinasi dengan Polres Garut jika terjadi kemacetan yang parah," ujarnya. (Rd Dani R Nugraha).