Tips Sahur dan Buka yang Aman untuk Tubuh

Tips Sahur dan Buka yang Aman untuk Tubuh
Ilustrasi (Net)

INILAH, Jakarta - Sahur menjadi kunci untuk tubuh siap menjalani puasa selama kurang lebih 14 jam. Jangan asal makan, karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Menurut Astri Kurniati, S.T., M.App.Sc., Head of Nutrifood Research Center, konsumsi karbohidrat kompleks sangat penting juga ditambahkan dengan protein. Tidak lupa dengan asupan serat yang cukup. Ini agar tubuh tidak mengalami sembelit.

"Itu yang harus diperhatikan saat sahur. Kemudian juga untuk berbuka puasa," kata Astri saat ditemui di Jakarta, Senin, (13/5/2019). Masih menurutnya, saat berbuka, perbanyak konsumsi air mineral. Kemudian, asupan buah-buahan.

"Jika minum manis justru semakin ingin manis lagi. Kurangi gula dan santan. Lemak adalah nutrisi paling lama dicerna sehingga merangsang produksi asam lambung berlebih," tambahnya.

Perlu diperhatikan, ketika menjadi seorang yang memiliki keturunan diabetes, maka mengurangi konsumsi gula sangat menjadi prioritas utama.

"Lain halnya dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bagi penderita hipertensi maka mengurangi garam," paparnya. (inilah.com)