Mudik Lebaran 2019, Trafik Data XL Diprediksi Naik 30%

Mudik Lebaran 2019, Trafik Data XL  Diprediksi Naik 30%
Foto: Syamsuddin Nasoetion

INILAH, Bandung - Menjelang arus mudik tahun ini, sejumlah operator telekomunikasi meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan data. Pasalnya, dalam beberapa pekan mobilisasi orang itu mendongkrak trafik layanan data.

Group Head Central Region XL Axiata Rd Sofia Purbayanti mengatakan, di sepanjang jalur mudik itu pihaknya mengantisipasi kenaikan trafik tersebut. Khusus untuk menyambut masa libur panjang Lebaran tahun ini, pihaknya serius melakukan persiapan baik dari sisi jaringan maupun produk layanan.

Untuk area-area di Central Region, kapasitas jaringan di sepanjang area jalur mudik rata-rata ditingkatkan menjadi dua kali lipat untuk antisipasi kenaikan trafik data. Kenaikan trafik antara lain dipengaruhi pergerakan pelanggan yang masuk dari wilayah lain di luar Central Region, terutama dari Jakarta. 

“Untuk prediksi kenaikan trafik, tahun ini diperkirakan akan naik sekitar 30% dari trafik hari normal,” kata Sofia di Bandung, Rabu (15/5/2019).
 
Menurutnya, berdasarkan tahun-tahun sebelumnya kenaikan trafik data tertinggi untuk wilayah Jawa Barat. Tepatnya, lonjakan itu diperkirakan akan terjadi di Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Bandung. Sedangkan, di Jawa Tengah akan ada di Kabupaten Brebes, di Yogyakarta ada di Gunung Kidul, Kalimantan Tengah di Kotawaringin Timur, dan Kalimantan Selatan di Banjarmasin.   

Untuk jaringan, Sofia menyebutkan selain meningkatkan kapasitas secara umum sesuai kebutuhkan pihaknya juga telah menyiapkan dukungan mobile BTS di sejumlah wilayah Central Region yang memerlukan. Di Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Yogyakarta mobile BTS itu disiapkan di sepanjang jalur utama pemudik dan tujuan wisata utama sepanjang libur panjang Lebaran. 

Secara ummu, XL Axiata terus meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan data di seluruh wilayah layanan, termasuk Jawa Barat dan Jawa Tengah. Penguatan jaringan data ini dilakukan seiring dengan tumbuhnya trafik dan berkembangnya jumlah pelanggan. 

Menyambut libur panjang Lebaran 2019, XL menyiapkan jaringan di seluruh wilayah layanan Central Region yang meliputi provinsi di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.

Saat ini, untuk area XL Axiata Central Region sudah terdapat sekitar 43 ribu BTS dengan total  jumlah pelanggan mencapai lebih dari 16,5 juta. Tak hanya Total jumlah pelanggan yang terus meningkat, trafik pemakaian terutama layanan data pun melonjak. 

“Total pelanggan kami telah mencapai 30% dari total pelanggan XL Axiata secara nasional. Setahun terakhir trafik penggunaan layanan data meningkat sekitar 62%. Pencapaian ini tentu perlu kami imbangi dengan penambahan infrastruktur jaringan secara memadai agar kualitas layanan tetap prima,” jelasnya.

Dia menuturkan, trafik layanan data tumbuh signifikan untuk area Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Yogyakarta. Seperti yang terjadi secara nasional, pertumbuhan kinerja XL Axiata di area Central Region terutama karena kepuasan pelanggan atas kualitas layanan yang terus meningkat. Hal ini bisa tersajikan karena berimbangnya antara baiknya kualitas jaringan dan berbagai penawaran produk layanan data yang memang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di semua segmen melalui brand Xl dan Axis. 

Di bagian lain, Sofia menyebutkan pada bulan spesial ini XL menyiapkan paket inovatif  Xtra Rejeki. Paket data terbaru dari XL Axiata ini memberikan cashback untuk pelanggan kartu XL. Selanjutnya pelanggan bisa menggunakan cashback tersebut untuk mendapatkan potongan harga hingga Rp1,2 juta guna membeli smartphone tipe apa saja yang dijual di online partner tertentu. 

Dari layanan pascabayar, pelanggan bisa mendapatkan manfaat dari beragam pilihan paket seperti Prioritas Ramadan 2019. Dimana pelanggan baik lama maupun baru akan mendapatkan penawaran harga khusus untuk beragam pilihan paket Prio. Bagi pelanggan Axis tersedia paket internet Owsem yang merupakan paket internet pertama di Indonesia dengan unlimited gaming.