Ada Toilet Portable Khusus Perempuan di Tol Cipali

Ada Toilet Portable Khusus Perempuan di Tol Cipali
PT LMS menyediakan Toilet Portable khusus perempuan di rest area Tol Cipali. (Antara Foto)

INILAH, Purwakarta - PT Lintas Marga Sedaya (LMS), sebagai perusahaan pemegang konsesi jalur Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), telah melakukan persiapan maksimal untuk kelancaran arus mudik dan balik lebaran 2019. 

Adapun upaya yang tengah dilakukan saat ini, yakni 'beberes' sejumlah fasilitas di jalur tol trans Jawa ini. Semisal berbenah di rest area. Salah satunya, menyediakan toilet portable khusus perempuan di setial tempat istirahat para pemudik itu. 

General Manager Operational PT LMS, Suyitno mengatakan, perusahaannya terus berupaya meningkatkan pelayanan di jalur bebas hambatan itu. Apalagi, menjelang arus mudik dan balik 2019 ini.

"Upaya yang saat ini telah kami lakukan, yakni dengan memerbaiki ruas jalan yang rusak di sejumlah titik. Hingga, menambah fasilitas di sejumlah rest area. Salah satunya, membenahi fasilitas toilet," ujar Suyitno, Rabu (15/5/2019) petang. 

Adapun fasilitas yang saat ini disiapkan, salah satunya toilet portable. Toilet tersebut, ada yang terintegrasi dengan armada truk, ada juga yang tersendiri. Toilet portable ini, salah satunya bisa dijumpai di rest area Cikopo parking bay (type C) satu dan dua. 

"Di lokasi itu, kita siapkan masing-masing ada dua truk toilet portable," jelas dia.

Kemudian, sambung dia, di rest area KM 86 jalur A dan B, masing-masing enam unit toilet portable. Lalu, di rest area KM 130 jalur A dan B, masing-masing enam unit.

Selanjutnya, rest area type C di KM 153+200 jalur A dan KM 155+400 jalur B, masing-masing satu truk. Terakhir, di gate Palimanan, tersedia satu truk toilet portable.

Alasan disediakan toilet portable khusus perempuan ini, lanjut Suyitno, karena kaum hawa lebih membutuhkan tempat tersendiri untuk membuang hajatnya. Bahkan, rata-rata jika di toilet, waktu yang dipergunakan perempuan lebih lama ketimbang laki-laki.

"Jadi, kita ingin memberikan pelayanan istimewa kepada kaum perempuan," pungkasnya. (Asep Mulyana)