Congkel Kotak Amal Musala, Pemuda Ini Diamuk Massa

Congkel Kotak Amal Musala, Pemuda Ini Diamuk Massa
Ilustrasi/Inilahkoran

INILAH, Kediri- Seorang pemuda di Kota Kediri babak belur dihajar massa, setelah mencongkel kotak amal di tempat ibadah. Pelaku kepergok warga ketika berusaha menggasak uang di dalam kotak amal.

Pencurian ini terjadi di Mushola Al Ikhlas di Kelurahan Tamanan, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, dini hari tadi. Pelaku datang menaiki sepeda angin.

Memanfaatkan suasa sepi di malam hari, pelaku mengendap-endap menuju kotak amal yang dipaku pada tembok mushola. Sialnya, pelaku keburu diketahui oleh warga.

Pelaku yang mengaku, berasal dari Kelurahan Banjarmlati, Kecamatan Mojoroto tersebut tidak bisa mengelak. Sebab, kotak amal dari kayu sudah dalam keadaan terbuka, usai dicongkelnya.

Warga yang geram, akhirnya menghakiminya. Beruntung aparat kepolisian dari Polsek Mojoroto segera datang ke lokasi kejadian. Petugas akhirnya mengamankan pelaku dari amuk massa.

Pelaku sempat diinterogasi petugas. Dia mengaku, nekat menggasak uang sumbangan jamaah di dalam kotak amal karena terlilit hutang. Rencananya, pelaku mencuri uang kotak amal untuk bayar hutang.

"Bulan ramadan bukannya untuk beribadah, malah dinodai. Mencuri uang di dalam kotak amal. Sungguh perbuatan yang buruk. Meskipun alasannya kepepet," kata Syamsudin, salah satu warga.

Untuk menghindari aksi main hakim sendiri, aparat kemudian mengamankan pelaku ke dalam mobil patroli. Setelah itu, petugas membawa pelaku ke Polsek Mojoroto untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. [beritajatim]