Nekat... Makan Takjil Dulu lalu Gondol Kotak Amal

Nekat... Makan Takjil Dulu lalu Gondol Kotak Amal
Ilustrasi/Inilahkoran

INILAH, Mojokerto-  Dalam melancarkan aksinya, kelima pelaku maling kotak amal di Masjid Al-Muhajirin Dusun Nglinguk, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto tergolong nekat. Pasalnya, sebelum melancarkan aksi kelimanya makan takjil.

Itu terlihat dalam rekaman Closed Circuit Television (CCTV) yang ada di masjid. Kelima pelaku datang sekira pukul 01.47 WIB, dari arah selatan menggunakan dua sepeda motor. Satu pelaku masuk masjid dan kembali ke parkiran.

"Sekira pukul 01.48 WIB, mereka sempat makan kue takjil di tangga masjid sebelum mengambil satu kotak amal dan mencongkel satu kotak amal. Ada dua kotak amal berukuran besar yang terletak di bagian depan masjid," ungkap Kepala Desa Trowulan, Zainul Anwar (36), Kamis (16/5/2019).

Dari dua kotak amal di masjid, satu kotak amal yang dibawa para pelaku menggunakan sepeda motor dengan cara dibonceng. Sementara satu kotak amal dicongkel dan diambil uang yang ada di kotak amal.

Sebelumnya diberitakan, penangkapan keempat pelaku berawal dari rekaman CCTV yang menunjukkan sepeda motor mereka. 

“Aksi terekam CCTV, saat di zoom terlihat nopol kendaraan dan saya minta tolong pihak Samsat mencari tahu pemiliknya,” ujar Zainul Anwar.

Masih kata Kades, para pelaku bukan warga sekitar namun warga Kabupatrn Jombang. Kades datang menjemput para pelaku bersama pihak Polsek Trowulan. Pelaku pertama yang diamankan yakni Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang.

“Tiga pelaku lainnya dijemput polisi karena saya kembali membawa sepeda motor Vega milik salah satu pelaku yang membawa kotak amal. Sementara satu pelaku lain kabur, sekarang para pelaku sudah diamankan di Mapolsek Trowulan,” tandasnya. (bsf)