Tarawih, Tahajud dan Qiyamullail, Apa Bedanya?

Tarawih, Tahajud dan Qiyamullail, Apa Bedanya?
ADA perbedaan antara salat Tarawih, Tahajud dan Qiyamullail (salat malam). Dari tiga istilah ini, Qiyamullail adalah yang paling umum, salat Tarawih dan Tahajud, adalah jenis dari Qiyamullail/salat malam./net

ADA perbedaan antara salat Tarawih, Tahajud dan Qiyamullail (salat malam). Dari tiga istilah ini, Qiyamullail adalah yang paling umum, salat Tarawih dan Tahajud, adalah jenis dari Qiyamullail/salat malam.

Tarawih adalah salat malam yang dikerjakan setelah isya, bersama Imam di malam hari Ramadhan. Adapun Tahajud adalah salat malam yang dikerjakan setelah tidur terlebih dahulu.

Syekh Abdulaziz bin Baz rahimahullah menjelaskan,

:

Para ulama menyebut Tarawih adalah salat malam di bulan Ramadhan, yang dikerjakan di awal malam, dengan memperhatikan kondisi jamaah, meringankan dan tidak memperlama salat. (Majmu Fatawa Syekh Ibnu Baz, 11/318)

Berkenan pengertian Tahajud, Imam Al-Alusi rahimahullahmemberikan keterangan dalam kitab Ruhul Maani,

 

Yang dimaksud Tahajud sebagaimana dinukil dari Imam Al Laits adalah, bangun dari tidur untuk melakukan salat. (Ruhul Maani 15/138)

Dalam Ensiklopedia Fikih terbitan Kementerian Wakaf Kuwait diterangkan,

 

Menurut mayoritas ulama (Jumhur), Tahajud adalah salat sunah di malam hari yang dilakukan setelah tidur terlebih dahulu. (Al Mausuah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah 27/136)

Jika berniat ingin melakukan Tahajud setelah tarawih, maka salat dikerjakan sesudah tidur. Inilah Tahajud yang disebut dalam ayat yang mulia,

 

Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. (QS. Al-Isra : 79)

Dan ini yang lebih afdol. Meskipun jika ingin melakukan salat malam sesudah tarawih, juga boleh. Namun itu tidak disebut sebagai Tahajud. Hanya salat malam seperti umumnya.

[baca lanjutan]