Ajax: Gelar Juara Untukmu Abdelhak Nouri

Ajax: Gelar Juara Untukmu Abdelhak Nouri
Ajax Amsterdam merajai Eredivisie Belanda 2018-19. (net)

INILAH, Amsterdam- Ajax Amsterdam menjuarai Eredivisie Belanda 2018-19. Gelar ini secara khusus didedikasikan kepada Abdelhak Nouri. Siapa dia?

Ajax memastikan gelar juara liga setelah di pekan terakhir menang telak 4-1 atas De Graafschap, Kamis (16/5/2019) dini hari WIB, di Stadion De Vijverberg. Lasse Schone membuka keunggulan Ajacied di menit ke-37, tiga menit kemudian tuan rumah menyamakan skor jadi 1-1 lewat Youssef El Jebli.

Gol Nicolas Tagliafico di menit ke-44 membawa Ajax kembali unggul 2-1. Penalti Dusan Tadic di menit ke-68 menjauhkan keunggulan jadi 3-1. Gol kedua Tadic semenit berselang mengunci kemenangan Ajax.

Dengan kemenangan tersebut Ajax menutup Eredivisie Belanda 2018-19 di posisi teratas klasemen dengan mengemas 86 poin dari 34 pertandingan, mereka unggul tiga poin dari PSV Eindhoven di posisi kedua.

Bagi Ajax, ini merupakan gelar juara liga ke-34 sepanjang sejarah klub, yang menjadikan mereka tim dengan gelar liga terbanyak di Belanda.

Ajax mempersembahkan gelar juara liga musim ini secara khusus untuk Abdelhak Nouri. Ia merupakan jebolan akademi Jong Ajax yang harus pensiun muda di usia 22 tahun pada Agustus lalu setelah koma selama 13 bulan akibat penyakit jantung yang menyebabkan kerusakan otak permanen.

Dalam perayaan gelar juara, semua pemain dan staf Ajax memakai jersey bernomor punggung 34 yang pernah dipakai Nouri saat masih bermain. Menariknya, angka tersebut sama dengan jumlah gelar juara liga Ajax.

"Saya pikir ini luar biasa baginya dan juga keluarganya. Ini sangatlah emosional," ujar pelatih Ajax, Erik ten Hag.

"Banyak pemain yang pernah bermain bersamanya. Menyenangkan kami bisa memberinya gelar ke-34 ini, ini menjadi lebihnya," lanjutnya menambahkan.

Gelar juara liga menjadi pelipur lara Ajax setelah mereka kandas di babak semifinal Liga Champions Eropa. Selain gelar liga, Matthijs de Ligt dkk sebelumnya sudah mengamankan gelar juara Piala Belanda usai mengalahkan Willem II 4-0 di final. (inilah.com)