Dinkes Depok Imbau Warga Waspada Penyakit Monkeypox

Dinkes Depok Imbau Warga Waspada Penyakit Monkeypox
Ilustrasi/Net

INILAH, Depok- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Jawa Barat mengingatkan masyarakat waspada terhadap penyebaran penyakit monkeypox atau cacar monyet. Warga diminta menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

"Langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk pencegahan dan pengendalian virus cacar monyet agar tidak mudah menyebar," kata Sekretaris Dinkes Kota Depok, Rani Martina di Depok, Kamis.

Ia menambahkan virus monkeypox merupakan penyakit langka yang jarang terjadi. Hingga kini tidak ada warga Depok yang terserang penyakit tersebut.

Ia menyarankan agar masyarakat harus menerapkan pola hidup bersih dan mengonsumsi makanan bergizi agar tidak terjangkit penyakit cacar monyet tersebut.

"Untuk pencegahan perilaku hidup bersih dan mengonsumsi makanan bergizi harus diterapkan masyarakat. Sehingga masyarakat tidak mudah terserang penyakit monkeypox ini," terangnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat juga diminta untuk membatasi kontak fisik dengan orang yang terinfeksi atau bahan yang terkontaminasi virus monkeypox harus dihindari.

Selain itu, hindari juga kontak langsung dengan tikus atau binatang primata terinfeksi serta membatasi paparan langsung.

Ia berpesan kepada masyarakat di Kota Depok untuk terus menjaga lingkungan tempat tinggal. Karena pada lingkungan yang bersih, penyebaran berbagai penyakit dapat dilakukan pencegahan.

"Penerapan pola hidup bersih dan sehat dirasa dapat maksimal dalam mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit, termasuk mcacar monyet tersebut," katanya.(Antara)    

Loading...