Ekskul Karate SMK Cipta Skill Ajang Ukir Prestasi Siswa

Ekskul Karate SMK Cipta Skill Ajang Ukir Prestasi Siswa
Ekstrakurikuler Karate di SMK Cipta Skill Bandung. (Okky Adiana)

EKSKUL Karate SMK Cipta Skill Bandung mengajarkan banyak hal kepada siswanya mengenai teknik-teknik dasar bela diri karate. Salah satu tujuan keberadaan ekskul ini adalah wadah bagi siswa untuk mengukir prestasi.

Siswa yang memilih untuk beraktivitas di lingkungan sekolah, tentu saja mereka akan memiliki nilai tambah. Mereka bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang mungkin saja tidak mereka dapatkan di tempat lain.

Tak terkecuali bagi SMK Cipta Skill. Sekolah yang berpusat di Jalan Brigjen Katamso, Terusan Cisokan, Sukaluyu 1 Bandung ini, memiliki salah ekskul yang bernama Karate Funakosi Karate-Do.

"Ini ekskul bela diri bagi siswa. Keberadaan ekskul ini wadah untuk siswa yang ingin berprestasi, dan belajar bela diri. Jadi, jika siswa SMK Cipta Skill yang tertarik dengan ekskul karate ini, silakan saja masuk," kata Pelatih Karate Funakosi SMK Cipta Skill Bandung, Firmansyah kepada INILAH, Jumat (17/5/2019).

Dikatakan Firmansyah, ekskul karate yang ada di sekolahnya ini memiliki agenda kegiatan rutin. Sepekan sekali, siswa akan melakukan sesi latihan. Beberapa teknik yang mereka ajarkan di antaranya adalah, teknik dasar pukulan, tangkisan, tendangan, bantingan, dan kuncian. 

"Ya, kami latihannya di sekolah. Jumlah siswa yang mengikuti ekskul ini (karate) ada 40, dari kelas satu dan dua," ujarnya. Ekskul yang dibentuk pada 2011 ini, bukan sekadar mengajarkan siswa dalam hal olahraga bela diri karate saja, ada beberapa poin penting yang bisa siswa dapatkan di ekskul ini.

Seperti, untuk kebugaran, bisa mengukir prestasi, belajar berorganisasi dan tentunya wadah untuk mengembangkan bakat dari anak-anak ini. "Siapapun bisa berprestasi di sini (ekskul karate)," singkat dia.

Dia menilai, sejauh ini ketertarikan siswa terhadap ekskul karate yang ada di SMK Cipta Skill, sudah cukup baik dan antusias yang diperlihatkan oleh siswa ini cukup tinggi. Ini terlihat selain jumlah anggotanya cukup banyak, mereka juga merasa senang bisa belajar karate dan menyalurkan bakatnya secara bersama-sama.

"Kita juga belajarnya senang-senang di sini. Dari pada pulang sekolah terus nggak ada kegiatan, lebih baik diisi dengan hal-hal positif. Per tahun jumlah siswa yang daftar di ekskul ini sekitar 20-30 siswa," paparnya.

Dia berharap, ekskul Karate SMK Cipta Skill ke depannya semakin eksis, tidak hanya di sekolah, tapi juga bisa terdengar namanya di masyarakat luas. Selain itu, keberadaan ekskul ini juga bisa bermanfaat bagi siswa-siswanya yang ingin belajar karate. "Tujuannya membawa nama baik sekolah, dan bisa berprestasi," tambahnya. (Okky Adiana)