Sejumlah Destinasi Wisata di Purwakarta Bakal Manjakan Pemudik

Sejumlah Destinasi Wisata di Purwakarta Bakal Manjakan Pemudik
Foto: INILAH/Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta – Sejumlah lokasi wisata alam di Kabupaten Purwakarta menjadi tujuan wisata para pelancong dari dalam maupun luar kota. Kedatangan para wisatawan ini ingin menikmati suasana alam nan eksotis. 

Situ Wanayasa menjadi salah satu tempat yang cocok untuk 'Ngadem'. Apalagi, di lokasi ini dipenuhi pohon-pohon sejenis pinus menjulang tinggi ‎yang membuat suhu udara menjadi sejuk.

Ternyata, tak hanya pelancong yang sengaja datang untuk sekadar bercengkrama bersama keluarga, lokasi ini sering dijadikan tempat persinggahan para pemudik saat musim mudik Lebaran. Ya, para pemudik yang menggunakan jalur alternatif Purwakarta-Wanayasa-Jalan Cagak (Subang) untuk sekadar melepaskan kepenatan. 

Seperti diketahui, ‎mudik menjadi ritual tahunan bagi masyarakat Indonesia. Antrean panjang kendaraan, jauhnya jarak tempuh hingga cuaca panas, sudah menjadi‎ hal lumrah bagi pemudik. 

Namun, segudang permasalahan itu tak jadi halangan mereka bertemu sanak keluarga. Tak jarang, di antara mereka ada yang memanfaatkan momen tersebut untuk rekreasi.

Tak jarang pada momen tersebut, sejumlah tempat istirahatan, baik di jalur Pantura, Tengah, maupun Selatan menjadi tempat persinggahan utama untuk sekadar melepaskan kepenatan. 

Kabid Pariwisata Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Irfan Suryana menuturkan, pemerintah mempersilahkan bagi pemudik yang menggunakan jalur selatan (Purwakarta-Subang) via Wanayasa singgah sejenak di Situ Wanayasa.

"Jika kelelahan, kami persilahkan jika pemudik ingin menikmati panorama alam di Purwakarta," ujar Irfan kepada INILAH, Minggu (19/5/2019).

Dia menjelaskan, tidak sulit menemukan Situ Wanayasa karena lokasinya tepat di samping kiri jalur yang akan dilalui pemudik. Situ Wanayasa mengalami penataan. Para pemudik tak akan 'nyesel' kalau singgah sejenak di lokasi ini.

Jalur alternatif ini menawarkan kenyamanan perjalanan melalui panorama alam di sepanjang jalan. Pohon-pohon besar yang menjulang tinggi menghiasi pinggiran jalan, memberikan kenyamanan bagi pemudik.

Situ tersebut, posisinya tepat berada di tengah-tengah antara Purwakarta dan Jalan Cagak (Subang). Situ Wanayasa berada di kaki Gunung Burangrang, dengan luas sekitar 7 hektare yang berada pada ketinggian 600 mdpl. Udara di sekitar situ sangatlah sejuk dengan semilir angin pegunungan.

Selain Situ Wanayasa, Pemkab Purwakarta pun menyiapkan spot lain di wilayah kota, yakni Taman Sribaduga Situ Buleud. Di lokasi itu, ada tambahan fasilitas lain, seperti area foto booth.

"Khusus menyambut arus mudik, kita telah siapkan spot untuk swafoto," tambah dia. 

Selain foto booth yang salah satunya berbentuk rumah bambu khas sunda, warga juga bisa masuk ke area situ, hanya untuk sekedar memberi makan ribuan ekor ikan. (Asep Mulyana)

Loading...