Satpol PP Purwakarta Intensifkan Razia Anjal

Satpol PP Purwakarta Intensifkan Razia Anjal
Foto: INILAH/Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purwakarta mengintensifkan razia pengamen, anak jalanan, serta gelandangan dan pengemis (gempeng) musiman di momen puasa ini. 

Mereka disinyalir merupakan anjal, gepeng dan pengamen musiman lintas kabupten. Keberadaannya pun terkesan terorganisir.

Kasie Operasi Pendindakan Ketertiban Umum (Opsdal) Bidang Trantibum Satpol PP Purwakarta Teguh Juarsa menuturkan, dalam operasi ini pihaknya mengedepankan langkah persuasif. Mereka didata, kemudian dipulangkan ke daerah asal.

"Kegiatan ini sebagai bagian dari upaya cipta kondisi jelang lebaran dan sterilisasi wilayah dari keberadaan mereka," ujar Teguh kepada INILAH, Sabtu (18/5/2019) malam.

Teguh mengaku, jajarannya telah memprediksi bakal terjadi peningkatan serbuan anjal dan gepeng ke wilayahnya pada momen puasa seperti sekarang. Untuk itu, pihaknya melakukan operasi sebagai langkah antisipasi.

"Hingga malam tadi, kami telah menjaring sekitar 50 anjal dan pengemis. Mereka telah didata dan akan segera dikirim ke kampung masing-masing," jelas dia.

Dia menambahkan, selain mengintensifkan operasi hingga lebaran mendatang, pihaknya pun akan menyiagakan petugas di sejumlah titik yang selama ini menjadi tempat mangkal mereka.

"Kami akan terus menyisir lokasi-lokasi yang menjadi tempat mereka berkumpul. Semisal, di sekitar lampu merah dan sejumlah titik keramaian lainnya," tambah dia. (Asep Mulyana)