Polisi Minta Pengelola Jalan Tol Perbanyak Toilet

Polisi Minta Pengelola Jalan Tol Perbanyak Toilet
Foto: Net

INILAH, Purwakarta – Di momen mudik nanti, hampir seluruh jalur utama yang ada di sejumlah wilayah dipastikan bakal dipadati‎ jutaan kendaraan pemudik. Sebagian besar, gelombang pemudik ini mengarah ke wilayah timur Pulau Jawa. 

Di momen tersebut beberapa jalur nasional maupun ruas tol kerap dilanda kemacetan cukup parah. Sebut saja, jalur Tol Jakarta-Cikampek dan Cikopo-Palimanan.

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius menuturkan, pihaknya berpesan kepada para pemudik supaya berhati-hati dalam berkendara. Di momen mudik nanti, pihaknya juga menyarankan‎ supaya pengelola jalan tol memperbanyak toilet, meskipun sifatnya hanya sementara. 

"Kami minta pengelola memperbanyak fasilitas toilet. Meskipun sifatnya portable. Supaya, tak terjadi penumpukan di rest area," ujar Matrius kepada INILAH, akhir pekan kemarin.

Matrius menjelaskan, selama ini rest area kerap menjadi salah satu penyumbang kemacetan di jalan tol. Selain karena minimnya lahan parkir, para pengunjung pun kerap berlama-lama di tempat istirahat itu. Wajar saja, kondisi itu menyebabkan antrean kendaraan mengular ke badan jalan tol. 

"Makanya, kami juga akan memberlakukan aturan bagi pengunjung rest area selama arus mudik dan balik lebaran 2019 nanti. Jadi, setiap pengendara hanya diberikan waktu istirahat maksimalnya dua jam di lokasi itu," jelas dia. 

Pemberlakuan aturan tersebut salah satu tujuannya untuk meminimalisasi kepadatan kendaraan di sekitaran rest area. Supaya, pemudik lainnya kegiliran untuk beristirahat. Sehingga, nantinya tak akan terjadi kepadatan imbas dari banyaknya kendaraan yang masuk ke rest area.

"Kami juga mengimbau supaya para pemudik yang istirahat di rest area, menggunakan waktunya maksimal dua jam saja. Supaya tak terjadi antrean di lokasi itu," pungkasnya. (Asep Mulyana)