Musim Mudik, Ini 13 Titik Kemacetan di Cimahi

Musim Mudik, Ini 13 Titik Kemacetan di Cimahi
Foto: Net

INILAH, Cimahi – Sepanjang arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, Dishub Cimahi memetakan beberapa jalur yang diprediksi bakal mengalami peningkatan volume kendaraan hingga terjadi kemacetan. 

Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Cimahi Endang menyebutkan, ada 13 titik jalan di Kota Cimahi yang bakal mengalami peningkatan volume kendaraan, di antaranya Simpang Sangkuriang, dan perlintasan kereta api Gatot Subroto.

"Kita sudah memprediksi totalnya ada sekitar 13 titik kemacetan," kata Endang kepada wartawan, Minggu (19/5/2019). 

Selain dua kawasan tersebut, kepadatan juga bakal terjadi di perlintasan kereta api-Dustira, Pasar Baros, Bunderan Leuwigajah, perempatan Jalan Kolonel Masturi, Jalan Daeng Ardiwinata, Cimindi, Kebon Kopi, Jalan Gandawijaya, Simpang Pemkot Cimahi, Pasar Antri, dan Jalan Lurah.

Sebagai langkah antisipasi terjadinya kemacetan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai alternatif untuk mengurai kemacetan di belasan titik itu. Salah satunya melakukan rekayasa lalu lintas yang disesuaikan kondisi di lapangan nanti.

"Rekayasa sifatnya situasional di jalur-jalur ini. Jika memang memungkinkan maka dilakukan," ujarnya. 

Kemudian, pihaknya mengantisipasi kemacetan yang ditimbulkan pasar tumpah. Seperti yang kerap terjadi di Pasar Baros, Cimindi, dan Pasar Antri, yang memang setiap tahunnya kerap mengalami kepadatan lalu lintas.

Kota Cimahi merupakan wilayah perlintasan bagi pemudik, khususnya pengendara roda dua. Seperti pemudik dari arah Cianjur menuju Garut dan sekitarnya. (Ahmad Sayuti)