Jalur Mudik dan Wisata Kab. Bogor Layak Digunakan 

Jalur Mudik dan Wisata Kab. Bogor Layak Digunakan 
Pemkab Bogor terus berbenah jelang mudik lebaran 2019. (Reza Zurifwan)

INILAH, Cibinong – Untuk mempersiapkan kelayakan jalur mudik Hari Raya Idhul Fitri 1440 Hijriyah, Pemkab Bogor melakukan kordinasi dengan Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Provinsi Jawa Barat dan Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) VI.

“Kami sudah melakukan kordinasi dengan DBMP Jawa Barat dan BBPJN VI agar jalur mudik di wilayah timur, utara, Kawasan Puncak dan Bogor, Ciawi-Sukabumi layak digunakan. Insya Allah sebelum lebaran perbaikan jalan tersebut sudah bisa digunakan," ucap Bupati Bogor Ade Yasin kepada wartawan, Minggu (19/5).

Ketua DPW PPP Jawa Barat ini menambahkan khusus Kawasan Puncak, selain digunakan untuk jalur mudik, juga akan menjadi jalur wisata hingga ada perhatian khusus dari jajarannya dan aparat kepolisian.

“Setelah waktu mudik selesai, maka kami akan fokus untuk mengamankan dan memperlancar jalur wisata di Kawasan Puncak karena setiap tahunnya liburan Hari Raya Idhul Fitri kawasan ini akan dipenuhi ratusan ribu wisatawan, baik nusantaa maupun mancanegara,” tambahnya.

Terpisah, Kepala BBPJN VI Hari Suko menjelaskan sejak awal bulan Februari hingga Desember nanti jajarannya akan melakukan perbaikan dan pelebaran jalan di Kawasan Puncak dengan anggaran Rp55 miliar.

“Kami terus melakukan perbaikan dan pelebaran jalan di Kawasan Puncak mulai dari Ciawi, Megamendung hingga Cisarua. Target kami H-10 Hari Raya Idhul Fitri Jalan Raya Puncak sudah layak digunakan,” jelas Hari Suko.

Dia menerangkan Hingga H+10 Hari Raya Idul Fitri, jajarannya kembali melakukan pelebaran Jalan Raya Puncak plus pembangunan drainase atau saluran air.

“Pembangunan saluran air dan pelebaran ruas jalan Ciawi-Megamendung-Cisarua ini memang sedang dilaksanakan dengan target panjang jalan seluruhnya 5 km,” terangnya.

Terkait kemacetan yang ditimbulkan atas pembangunan saluran air dan pelebaran Jalan Raya Puncak ini, Hari pun meminta masyarakat pengguna jalan untuk bersabar dan berhati-hati dalam berkendara atau berjalan.

“Kami mohon masyarakat untuk bersabar dan berhati-hati dalam berjalan serta mengendarai kendaraan baik motor roda dua maupun roda empat karena masih ada perbaikan dan pelebaran jalan dibeberapa titik hingga H-10 Hari Raya Idhul Fiteu nanti,” tukas Hari. (reza zurifwan)