Cara UKM Baqi Menarik Minat Baca Quran

Cara UKM Baqi Menarik Minat Baca Quran
Kegiatan UKM Baqi di Kampus UPI Bandung. (Okky Adiana)

HADIRNYA UKM Baqi di kampus UPI, seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa yang ingin belajar banyak tentang teknik yang baik dalam hal membaca Alquran.

Salah satu anggota UKM Baqi UPI, Nilamsari Kurniasih mengatakan, keberadaan UKM Baqi ini dinilai sangat penting. Pasalnya, di organisasi ini mahasiswa bisa belajar banyak tentang cara-cara membaca Alquran yang baik dan benar.

"Saya sebagai anggota merasa senang dan menyambut baik dengan adanya UKM Baqi ini. Intinya UKM ini sangat memberikan manfaat bagi mahasiswa yang ingin belajar tentang membaca Alquran," papar Nilam kepada INILAH.

Dikatakan Nilam, untuk mempelajari Alquran tidak cukup dengan sekadar membacanya, tetapi juga harus memaknai dan mengajarkan diri untuk selalu dekat dengan Alquran. UKM Baqi salah satu komunitas atau organisasi mahasiswa yang mampu mengajarkan itu semua.

"Untuk membaca ayat suci Alquran itu tidak hanya membaca seperti biasa, namun harus ada teknik-teknik pembacaan yang harus dipelajari oleh kita," ucap dia.

Dia menilai sejauh ini ketertarikan mahasiswa UPI terhadap budaya membaca Alquran masih cukup beragam, ada yang terlihat antusias, semangat, bahkan malas sekalipun. "Enggak apa-apa ini kan realita," singkat dia.

Untuk menarik minat mahasiswa dalam hal membaca Alquran, sebaiknya UKM Baqi memiliki cara-caranya sendiri dengan mengemas sebuah program yang cukup menarik.

Misalnya melalui acara musik Islami, ataupun melalui acara lomba. "Kita harus mengemas sebuah acara yang membuat mahasiswa itu jadi suka dan tertarik," ucapnya.

Salah satu yang menjadi kendala bagi mahasiswa adalah, terkait waktu. Dalam hal ini mahasiswa harus pintar-pintar membagi waktu, antara kuliah, dan organisasi. "Di sini kita juga bisa belajar cara mengatur waktu, jadi banyak sekali manfaatnya," ujarnya.

Dengan adanya UKM Baqi di kampus UPI, ia berharap sedikit demi sedikit bisa memberantas buta huruf Alquran di kampus tercintanya itu. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan bisa jauh lebih aktif untuk membaca Alquran di lingkungan kampus UPI.

"Mudah-mudahan bisa membiasakan membaca Alquran dan menghafal. Harapan saya, ketika menghafal Alquran di UPI itu sudah tidak asing lagi," pungkasnya. (Okky Adiana).