Penukaran Uang, Bank Mandiri Siapkan Rp2 Triliun

Penukaran Uang, Bank Mandiri Siapkan Rp2 Triliun
Antara

INILAH, Jakarta - Menjelang Lebaran tahun ini, Bank Mandiri menyiapkan 77 titik penukaran uang pecahan kecil di seluruh Indonesia. Loket tersebut diharapkan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan uang kartal. 

Wakil Senior Presiden Eksekutif Bidang Operasi Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan, titik-titik penukaran uang itu berlokasi di sejumlah area peristirahatan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR), Tol Cipali, pasar-pasar tradisional, dan alun-alun perkotaan.

Selain itu, perseroan juga menyebar titik lokasi penukaran bersama Bank Indonesia (BI) dan industri perbankan.

“Meski saat ini penetrasi perbankan digital sangat luas, masyarakat tetap membutuhkan uang kartal yang sangat besar menjelang Idul Fitri. Misalnya untuk dibagi-bagikan kepada keluarga dan tetangga di rumah atau di kampung halaman,” kata Aquarius dikutip Antara, Minggu (19/5/2019).

Dia mengatakan, Mandiri menyiapkan uang kecil pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, dan Rp2 ribu. Rata-rata, besarannya senilai Rp1,3 miliar di setiap titik penukaran per hari.

“Sejak 2 Mei, kami telah melayani penukaran uang sebesar Rp82,47 miliar. Dimana pecahan yang paling dicari adalah Rp10 ribu yang mencapai 35% dari uang pecahan kecil yang telah ditukar,” ujarnya.

Menurutnya, adapun karakteristik masyarakat penukar itu didominasi pegawai usaha dan ibu rumah tangga. Selain di 77 titik tersebut, masyarakat juga dapat menukarkan uang pecahan kecil di seluruh cabang Bank Mandiri.

“Secara nasional, kami menyiapkan sekitar Rp2 triliun untuk penukaran uang pecahan kecil. Sampai 16 Mei, uang pecahan kecil yang sudah tersalur sebesar Rp1,14 triliun,” tamah Aquarius.