Rio F Wilantara: Pemuda Harus Jadi Agen Perdamaian

Rio F Wilantara: Pemuda Harus Jadi Agen Perdamaian
Foto: INILAH/Okki Adiana
Rio F Wilantara: Pemuda Harus Jadi Agen Perdamaian
Rio F Wilantara: Pemuda Harus Jadi Agen Perdamaian

INILAH, Bandung – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Jawa Barat menggelar Saresehan Program Suara Rakyat dengan tema Menggelorakan Kebangkitan Nasional Melalui Pemilu di Gedung KNPI Jabar Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin (20/5/2019).

Hadir dalam acara ini Ketua KNPI Jabar Rio F Wilantara, KPU Jabar Idham Holik, Bawaslu Jabar Kurniawan, mahasiswa IKIP Siliwangi Wildan Awaludin, dari UIN SGD Fatimatus Zuhroh, dan master of ceremoy (MC) Pujo Hastowo dari RRI Bandung.

Ketua KNPI Jabar Rio F Wilantara mengatakan, kondisi pemilu hari ini membuat riskan ketika masyarakat terpecah. Maka pemuda berusaha menjadi agen perdamaian, menjadi agen persatuan, dengan membuat konten-konten yang akhirnya membuat masyarakat kembali bersatu.

"Karena kebangkitan nasional, maka pemuda mengambil peran dalam konteks per hari ini," ucap Rio kepada INILAH, Senin (20/5/2019).

Dia menambahkan, tingkat partisipasi pemuda hari ini justru lebih meningkat. Hal ini bisa disebut sebagai kontribusi kepada Hari Kebangkitan Nasional (HKN). Mereka mempunyai musuhnya sendiri, tidak dengan musuh lama, sehingga tantangan dan hambatan dapat berbeda-beda.

“Anak muda sekarang harus lebih bangkit lagi,” katanya.

Untuk menghadapi tantangan, kata dia, revolusi 4.0 dan politik hari ini menghadapi teman yang sama, kemudian demokrasi menjadi acuan, anak-anak muda harus mengatasi semuanya tanpa berbenturan dengan rekannya sendiri.

"Harapannya anak muda kembali bangkit, kembali menjadi agen perdamaian, tidak terkotak-kotak, tidak terpolarisasi yang pada akhirnya pemuda-pemudi menjadi pemersatu," tuturnya. (Okky Adiana)