Google Lacak Aktivitas Belanja Online Penggunanya

Google Lacak Aktivitas Belanja Online Penggunanya
Foto: INILAHCOM

INILAH, San Francisco - Secara diam-diam Google ternyata mencatat semua aktivitas belanja online yang tersambung ke akun personal Gmail penggunanya.

The Verge menyebut bahwa catatan transaksi tetap ada meski pun dilakukan 10 tahun yang lalu. Bahkan sejumlah transaksi belanja langsung yang menggunakan kartu kredit juga tercatat.

Transaksi langsung dapat terlacak oleh Gmail jika mesin melihat nomor kartu kredit dan nama yang terhubung dengan email untuk mengirimkan tanda terima belanja, program penawaran dan dalam kasus tertentu mengumpulkan data belanja.

Google menyatakan pelacakan ini hanya dilihat oleh pemilik akun dan pengguna dapat menghapus informasi tersebut.

"Kami tidak menggunakan informasi dari pesan Gmail untuk mengirim Anda iklan, dan informasi tersebut termasuk email tanda terima dan konfirmasi yang ada di laman pembelian," kata Google.

Mengutip Phone Arena, informasi ini bisa dihapus dari laman Pembelian atau Purchase, yang berada di laman myaccount.google.com.

Klik transaksi yang ingin dilihat dan pilih kolom hapus di bawah total transaksi. Pengguna akan diarahkan ke email tanda terima transaksi tersebut di Gmail. (INILAHCOM)