PJU di Jalur Alternatif Mudik Sukabumi-Bogor Diperbaiki

PJU di Jalur Alternatif Mudik Sukabumi-Bogor Diperbaiki
Petugas sedang memperbaiki PJU dijalur alternatif mudik utara Sukabumi-Bogor. (antara foto)

INILAH, Sukabumi- Menjelang musim mudik lebaran Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumimulai memperbaiki sejumlah lampu penerangan jalan umum (PJU) di jalur alternatif mudik utara Sukabumi-Bogor.

"Perbaikan PJU seperti simpang TMC pamuruyan Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi untuk memberikan rasa aman bagi para pemudik khususnya yang memilih melakukan perjalanan pada malam hari," kata Kepala Bidang Teknik Prasarana Dinas perhubungan Kabupaten Sukabumi Uus Firdaus di Sukabumi, Senin.

Menurut Uus, perbaikan tersebut meliputi mengganti puluhan baterai dan lampu penerangan jalan umum LED street lighting agar pada malam hari jalan utama yang menghubungi Sukabumi dengan Bogor terang untuk menghindari kecelakaan maupun aksi kriminalitas lainnya.

Hingga saat ini sudah ada sekitar 30 PJU yang diperbaiki di sepanjang jalur alternatif mudik lebaran Sukabumi-Bogor ini dan perbaikan akan terus dilakukan hingga semua PJU benar-benar berfungsi.

Di sisi lain, meskipun jalur utara ini bukan yang menjadi utama tetapi kerap dilintasi pemudik dari arah Bogor jika jalur Puncak ditutup atau mengalami penumpukan kendaraan. Bahkan hampir setiap tahun kendaraan dari arah Bogor yang menuju beberapa daerah seperti Bandung dialihkan ke Sukabumi.

"Perbaikan ini tidak hanya untuk pelayanan mada musim mudik tetapi saat libur lebaran yang wilayah Kabupaten Sukabumi kerap diserbu wisatawan dan arus balik lebaran," tambah Uus.

Uus mengatakan tidak hanya memperbaiki PJU pihaknya juga memasang sejumlah rambu lalu lintas dan papan imbauan di beberapa titik rawan terjadinya kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas. Serta penunjuk arah jalur altenarti jika di jalur utama terjadi kepadatan arus lalu lintas.(antara)