Tetap Sama, Layanan Khusus Lebaran BPJS Kesehatan 2019

Tetap Sama, Layanan Khusus Lebaran BPJS Kesehatan 2019
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Bandung- Kepala PBJS Kesehatan Cabang Bandung, M Cucu Zakaria menegaskan pelayakan khusus lebaran 2019 tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Terhitung tujuh hari sebelum hingga hari Idul Fitri, BPJS Kesehatan akan mendirikan posko pelayanan kesehatan di beberapa titik akses transportasi mudik sebagai wujud kepedulian.

"Saat ini kami sedang menunggu intruksi dari kantor pusat, tetapi saya yakin tidak akan jauh berbeda dengan tahun 2018," kata Cucu di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bandung, Selasa (21/5/2019).

Selain posko kesehatan, setiap peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dipastikan mendapat pelayanan rumah sakit. Dalam hal ini pelayanan Instalasi Gawat Darurat.

"Tetapi pastikan kartu pesertanya itu harus aktif. Jangan sampai ketika diperlukan, kartu pesertanya tidak aktif, karena sakit pada saat kondisi mudik itu sangat memungkinkan," ucapnya.

Namun hal yang perlu diperhatikan, dikatakan Cucu bahwa kecelakaan lalu lintas bukan menjadi tanggungan BPJS Kesehatan. Akan tetapi menjadi jaminan dari Jasa Raharja.

"Tetapi akan menjadi jaminan BPJS Kesehatan bila jaminan Jasa Raharja sudah melewati plafonnya. Maka sisanya BPJS Kesehatan yang akan tanggung kalau pasien peserta JKN," ujar dia. (Yogo Triastopo)