Ini Saran Mantan CEO Facebook. Apa Itu?

Ini Saran Mantan CEO Facebook. Apa Itu?
Foto: Net

INILAH, New York - Mantan kepala keamanan Facebook, Alex Stamos mengatakan pada hari Selasa bahwa Mark Zuckerberg harus merekrut CEO baru dan mengalihkan fokusnya untuk membangun produk.

"Ada argumen yang sah bahwa dia memiliki terlalu banyak kekuatan," kata Stamos, yang meninggalkan perusahaan pada 2018, di Collision Conference di Toronto seperti mengutip cnbc.com. "Dia perlu melepaskan sebagian dari kekuatan itu. Jika saya adalah dia, saya akan menyewa CEO baru untuk perusahaan."

Stamos bahkan menawarkan saran khusus seperti Presiden Microsoft, Brad Smith.

Facebook dan Zuckerberg telah terlibat dalam kontroversi sejak menjelang pemilihan presiden terakhir. Ketika platform itu dibanjiri dengan berita palsu dan menjadi surga bagi bullying dan pelecehan. Stamos tahu sesuatu tentang masalah yang mengganggu perusahaan. Dia adalah orang pertama di Facebook yang mendapati Rusia menggunakan jaringan sosial untuk mengganggu pemilu 2016.

Sejak kepergian Chief Product Officer pada bulan Maret, Chris Cox, Zuckerberg telah secara efektif bertindak sebagai kepala produk Facebook, kata Stamos, menambahkan bahwa ia harus menjaga perhatiannya di sana dan menyerahkan peran utama.

Produk adalah "di mana gairahnya berada," kata Stamos. "Dia harus mempekerjakan seorang CEO yang dapat membantu memberi isyarat baik secara internal maupun eksternal bahwa budaya harus berubah."

Stamos juga mengatakan bahwa ada argumen yang sah untuk memecah Facebook serta memisahkan YouTube dari Google dengan alasan bahwa kedua perusahaan telah mengurangi persaingan. Namun, memecah Facebook tidak menyelesaikan masalah mendasar yang menimpa media sosial, seperti penyebaran informasi palsu atau memanipulasi sistem penargetan iklan untuk tujuan politik, katanya.

"Ada banyak kegembiraan untuk antitrust karena rasanya menyenangkan seperti Saya benci perusahaan ini, jadi mari kita hancurkan," kata Stamos. "Memiliki tiga perusahaan yang memiliki masalah mendasar yang sama tidak membuat sesuatu yang lebih baik." (INILAHCOM)