Woiii...PT LIB, Jadwal Ini Mau 'Membunuh' Persib?

Woiii...PT LIB, Jadwal Ini Mau 'Membunuh' Persib?
Persib vs Persipura. (Foto: INILAH/Bambang Prasethyo)

INILAH, Bandung – Jadwal anyar tarung Persib Bandung versus Ps Tira Persikabo menunjukkan pengelola Kompetisi Liga Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB), tak profesional. Bayangkan, sebuah klub harus bertanding dua kali dalam rentang waktu tiga hari.

Tentu saja, jadwal tersebut harus diprotes Persib. Jadwal seperti itu tak sesuai dengan aturan umum yang berlaku pada kompetisi resmi yang berada di bawah regulasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengatakan dengan jadwal baru itu, Persib hanya akan memiliki waktu satu hari beristirahat di antara dua pertandingan yang harus dijalani.

“Dalam peraturan FIFA sudah jelas, soal berapa lama jarak antar laga karena harus memperhatikan juga waktu perjalanan,” katanya.

Menurut Robert penetapan jadwal menjadi tanggal 18 Juni sangat merugikan timnya. Pasalnya dua hari sebelumnya, tepatnya 16 Juni, timnya harus melakoni laga away melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan Malang.

Dengan alasan ini, Persib akan segera mengirimkan surat keberatan yang ditunjukan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 2019.

“Jadi klub akan segera mengirim surat untuk mengubah jadwal itu,” tegasnya.

Sebelumnya laga kedua Persib Bandung di Liga 1 2019 itu akan digelar di Stadion si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung pada Kamis (23/5/2019). 

Namun gelaran itu harus ditunda setelah pihak kepolisian tidak memberikan izin dengan alasan memperhatikan situasi keamanan dan politik. 

PT LIB lalu menetapkan laga tersebut digelar 18 Juni. Keputusan itu sudah disampaikan kepada manajemen Persib melalui surat bernomor 145//LIB/V/2019.(Muhammad Ginanjar)