Umuh Sudah Prediksi Fabiano Sulit Jadi WNI

Umuh Sudah Prediksi Fabiano Sulit Jadi WNI
Proses naturalisasi Fabiano Beltrame tak kunjung tuntas. (Persib.co.id)

INILAH, Bandung - Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar sudah memprediksi sejak awal bahwa proses naturalisasi Fabiano Da Rosa Beltrame akan mengalami kendala.

Terbukti, pemain yang beroperasi sebagai bek tengah ini tidak bisa didaftarkan Persib karena statusnya masih menjadi pemain asing non asia. 

"Makannya orang jangan sembarangan bilang iya (bisa segera naturalisasi) karena saya kan tidak mengatakan bahwa pasti. Karena saya tahu ini akan sulit dan harus sabar," ujar Umuh, Rabu (22/5/2019).

Namun Umuh berharap proses naturalisasi bisa segera terselesaikan. Sehingga Fabiano membela Persib meski harus di putaran kedua.

"Mudah-mudahan Fabiano di putaran kedua sudah bisa," harapnya.

Sebelumnya, Pelatih Persib, Robert Rene Alberts memastikan tidak akan mendaftarkan Fabiano Beltrame dalam mengarungi Liga 1 2019. Alasannya karena proses naturalisasinya tak kunjung terselesaikan.

Fabiano masih berstatus sebagai pemain asing non asia. Sementara jatah tiga pemain non asia di Persib sudah terpenuhi. Masing-masing Bojan Malisic (Serbia), Rene Mihelic (Slovenia) dan Ezechiel N'Douassel (Chad). 

Sebagai solusinya, pelatih asal Belanda ini akan meminjamkan Fabiano ke tim yang berlaga di Liga 2. 

"Fabiano tidak akan kami daftarkan. Jadi kami akan meminjamkan dia ke klub lain di Liga 2 karena registrasinya baru akan ditutup nanti," tuturnya. 

Namun, Robert mengaku belum mengetahui tim mana yang akan dibela Fabiano. Yang jelas, lanjutnya, ketika proses naturalisasi rampung, maka pemilik nomor punggung 15 ini akan kembali ke Persib Bandung.

"Ketika dia sudah mendapat kewarganegaraan Indonesia, di putaran kedua bisa kembali," tegasnya.(Muhammad Ginanjar)