Jakarta Rusuh, Emil Minta Para Elite Bertemu

Jakarta Rusuh, Emil Minta Para Elite Bertemu
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (dok Inilahkoran)

INILAH, Bandung- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap para elit politik segera bertemu menyusul situasi yang kian panas pascakerusuhan di Jakarta 22 Mei 2019. Dia juga mengajak semua pihak mengendalikan diri.

Emil -sapaan Ridwan Kamil- mengatakan, sekalipun masyarakat harus menyampaikan aspirasi sebaiknya dilalui sesuai dengan koridor yang baik. 

"Tentunya berharap elite-elite di pusat segera bertemu untuk mencari jalan tengah dari sisi imbauan agar bulan suci Ramadan ini tidak dicederai oleh hal-hal yang negatif dan merugikan," ujar Ridwan Kamil,  Rabu (22/5/2019).

Menurut dia, bagi masyarakat yang hendak menyampaikan aspirasi melalui unjuk rasa, secara aturan memang dilindungi oleh undang-undang. Hanya saja, kata Emil, harus disampaikan dengan cara yang baik tanpa ada tindak kekerasan.

"Ikuti aturan dan jangan sampai terprovokasi atau  ditunggangi oleh-oleh orang orang tidak bertangung jawab," imbuhnya. 

Emil pun memonitor berita terkait kerusuhan di Jakarta. Di mana terdapat beberapa kerugian bahkan korban meninggal dunia. "Sekali lagi agar semua mengendalikan diri, sampaikan semua sesuai dengan koridor yang baik," katanya. 

Sebelumnya, Emil mengajak seluruh warga Jawa Barat untuk menghormati penetapan pemenang Pilpres 2019 yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rapat pleno KPU di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019) dini hari.

“Mari kita hormati hasil (penghitungan suara-Red) pemilihan presiden dan pemilihan legislatif yang sudah diumumkan oleh KPU, sebagai penyelenggara pemilu sesuai dengan perundang-undangan dan mekanisme yang telah disepakati bersama,” katanya.

Menurut dia jika ada pihak yang merasa dirugikan dan hal-hal yang tidak berkenan, bisa diselesaikan melalui mekanisme hukum sesuai peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan oleh negara. 

“Mari kita semua bersikap dewasa terutama dalam semangat bulan Ramadhan, mari kita berlatih mengendalikan diri dan melaksanakan semua urusan dan kegiatan sesuai dengan ridho Allah SWT,” katanya. 

Sebelumnya Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik mengumumkan kepada publik, penetapan Pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin menjadi pemenang Pilpres 2019 dengan jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin 85.607.362 suara. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239 . 

Hasil pilpres itu ditetapkan dalam keputusan nomor 987. Hasil rekapitulasi KPU secara nasional ini terdiri atas perolehan suara di 34 provinsi dan 130 panitia pemilihan luar negeri. (Rianto Nurdiansyah)