463 Siswa Darul Hikam Diwisuda

463 Siswa Darul Hikam Diwisuda
Wisuda Perguruan Darul Hikam Tahun 2019. (Okky Adiana)

INILAH, Bandung - Perguruan Darul Hikam menggelar acara Tasyakur Binni’mah atas kelulusan siswa-siswi Perguruan Darul Hikam untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan Darul Hikam International School (DHIS) tahun ajaran 2018/2019 di Gedung Sasana Budaya Ganesha, Jalan Taman Sari 73 Kota Bandung, Rabu (22/5/2019).

Tema kelulusan tahun ini adalah "Memperkaya dan Mempertajam Model Pendidikan Karakter untuk Mewujudkan Pendidikan Berakhlak Berprestasi".

"Tema ini sebagai bentuk concern dan ikhtiar Perguruan Darul Hikam dalam menyelenggarakan program pendidikannya dalam mewujudkan generasi berakhlak dan berprestasi," kata Ketua Panitia Wisuda Bersama Darul Hikam, Sandi Setiawan kepada wartawan, Rabu (22/5/2019).

Sandi mengungkapkan, konsep inti dari pendidikan Darul Hikam adalah menciptakan generasi yang memiliki karakter aliman (berilmu), sholihan (berbudi pekerti), dan mujahidan (bersungguh-sungguh meraih yang terbaik) senapas dengan visi Kota Bandung, kota yang unggul dan agamis.

Menurut Sandi, tahun ini konsep kelulusan mengusung tema pendidikan karakter yang saat ini sedang populer. "Sebelum pemerintah mencanangkan pendidikan karakter, hal itu sudah diterapkan di Darul Hikam. Hal ini sejalan dengan konsep inti pendidikan di Darul Hikam, yaitu taqwa character building," tuturnya.

Dia berharap, dengan pendidikan karakter, lulusan Darul Hikam tetap dapat istiqamah dan tetap menjalin silaturahim dengan Darul Hikam. "Saya berharap ikatan alumni yang terjalin antara Darul Hikam dan alumninya terbangun kuat," tandasnya.

Acara wisuda akan dibuka secara resmi oleh Direktur Perguruan Darul Hikam, Dra Hj Ruri Ramadhanti, MT. Pada pelaksanaan wisuda tahun ini, Perguruan Darul Hikam  melepas 463 siswa dari seluruh unit sekolah Darul Hikam tingkat dasar & menengah.

SD 1 Darul Hikam, SD 2 Darul Hikam, Primary Darul Hikam Integrated School (DHIS), SMP Darul Hikam, SMA Darul Hikam serta Lower & Upper Secondary Darul Hikam Integrated School (DHIS). Salah satu calon wisudawan adalah putri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Camillia Laetitia Azzahra.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berpesan agar para alumni memiliki empat nilai kompetensi dalam menghadapi perkembangan zaman, khususnya menyongsong era revolusi industri 4.0, yaitu Inteliggence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), Spiritual Quotient (SQ), dan Physical Qoutient (PQ).

"Jadi kalian selain memiliki kecerdasan secara ilmu pengetahuan, juga memiliki akhlak yang baik, rajin beribadah dengan pergi ke masjid, hafiz Quran, tetapi juga harus memiliki tubuh yang sehat," ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa tantangan bangsa Indonesia saat ini, dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, adalah memeriksa kebenaran dari suatu informasi yang tersebar luas di masyarakat. Sebab, semua informasi tersebut belumlah terbukti kebenarannya (hoax) dan berpotensi memecah belah bahkan menghancurkan hubungan pertemanan dan persaudaraan gara-gara hal ini. 

Terlebih, berdasarkan hasil survei, tingkat membaca masyarakat Indonesia masih sangat rendah, dengan menduduki peringkat 60 dari 62 negara-negara di dunia, dengan rata-rata setiap orang membaca hanya 27 lembar per tahun.

"Ke depan, bukan tidak mungkin tugas lembaga pendidikan, khususnya para guru bukan lagi sebagai pemberi informasi namun menjadi pemilah informasi. Sebab beragam informasi saat ini telah tersedia di internet dan media sosial, seperti Wikipedia juga Google," ucapnya.

Dia berharap, agar para alumni Perguruan Darul Hikam Bandung yang di wisuda, dapat menjadi generasi yang cerdas berliterasi dan cerdas digital guna menghadapi persaingan dunia dengan kemajuan berbagai pemanfaatan teknologi.

"Generasi kalian harus kompetitif, selain mampu menguasai teknologi digital, tapi juga harus bisa menguasai keterampilan banyak bahasa untuk bisa memahami orang lain, itulah yang harus kalian persiapkan mulai hari ini," pungkasnya. (Okky Adiana)